Jomblo Harus Waspada! Seorang yang Kerap Kesepian Ternyata Mudah Kena Pilek

Agregasi Sindonews.com, Jurnalis · Kamis 26 Oktober 2017 19:38 WIB
https: img.okezone.com content 2017 10 26 481 1803108 jomblo-harus-waspada-seorang-yang-kerap-kesepian-ternyata-mudah-kena-pilek-KWfEHDHy7t.jpg

STATUS hubungan sosial seseorang, ternyata bisa memperburuk kesehatan. Penelitian terbaru mengungkapkan, mereka yang kerap mengalami kesepian bisa dengan mudah terserang flu atau malah memperburuk kondisi flu yang sudah diderita.

"Rasa kesepian telah terbukti dapat membuat orang-orang lebih rentan terhadap kematian prematur dan penyakit lain. Tapi belum ada yang melihat bagaimana dampak kesepian terhadap penyakit akut yang kita semua rentan mengalaminya seperti pilek," papar peneliti dari Rice University Angie LeRoy seperti dilansir dari Science Daily.

"Studi ini berkaitan dengan kualitas hubungan Anda, bukan kuantitas (teman). Anda bisa saja berada di ruangan yang ramai tapi tetap merasa kesepian. Persepsi seperti itu yang penting memengaruhi gejala pilek," ujar Angie yang dipublikasikan dalam jurnal Health Psychology.

Penelitian ini melibatkan 159 orang. Mereka diminta mengikuti tes psikologi untuk mengukur tingkat rasa kesepian. Selain itu, peneliti juga menginduksi pilek dan setiap responden dikarantina selama lima hari di sebuah ruangan hotel.

BACA JUGA:

Gaya Liburan Mewah si Ratu Hermes, Jamie Chua Ini Bikin Ngiler!

Wanita Kurus Lebih Mudah Menopause Dini Dibanding Wanita Gemuk

Seks Jadi Kurang Nikmat, Ini Penyebab Muncul Rasa Sakit Setelah Bercinta

Miris, Jajanan Anak di Sekolah Mengandung Tinggi Kalori, Gula, Garam & Lemak


Peneliti pun menemukan hasil yang mengejutkan. Di mana responden dengan nilai rasa kesepian yang tinggi mengalami gejala pilek parah. Sedangkan dalam hal ini, jaringan sosial yang dimiliki responden diketahui tidak memberikan pengaruh.

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini