nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Duh, di Zaman Now Masih Bau Badan! Ini Sederet Cara untuk Mengusirnya

Pradita Ananda, Jurnalis · Jum'at 27 Oktober 2017 10:56 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 10 27 194 1803413 duh-di-zaman-now-masih-bau-badan-ini-sederet-cara-untuk-usir-bau-badan-ai26Vfc6jx.jpg Hilangkan Bau Badan (Foto: Muntok)

SIAPA sih orang yang tidak senang berdekatan dengan orang yang memiliki aroma tubuh yang harum? Siapa pun pastinya senang berdekatan dengan seseorang yang harum.

Bau badan tidak sedap selain mengganggu indera penciuman orang-orang lain di sekitar, juga pastinya merusak penampilan sekaligus menurunkan kepercayaan diri seseorang.

Aroma tidak sedap yang dikeluarkan dari tubuh tersebut, biasanya datang karena adanya keringat berlebih yang bercampur dengan tumpukan bakteri dan kotoran di area-area tertentu. Mencegah selalu lebih baik daripada mengobati bukan? Nah, maka dari itu jangan sampai kita mengalami yang namanya masalah bau badan. Salah satunya bisa dengan menggunakan bahan-bahan rumahan untuk mencegah bau badan. Seperti apa? Simak tipsnya di bawah ini, sebagaimana diwarta Thefitindian, Jumat (27/10/2017).

1. Usap atau rendam dengan cuka

Jangan hanya gunakan cuka untuk keperluan dapur saja, karena cuka juga efektif untuk digunakan sebagai pengontrol bau badan. Salah satu caranya yakni dengan mengusap cuka ke area-area bagian tubuh. Seperti misalnya mengusap cuka yang dicampur air di bagian ketiak, selayaknya seperti sedang menggunakan deodorant pada umumnya. Selain menggunakan cuka sebagai deodorant, bisa juga dengan cara lainnya yakni menyemprotkan cuka yang ditempatkan di dalam botol spray pada area ketiak, leher, kaki, tangan atau area-area yang sering berkeringat lainnya (setelah itu tidak perlu pakai deodorant lagi), atau bisa juga simpelnya dengan merendam kaki dengan air cuka sebagai air rendaman.

2. Baking soda sebagai deodoran

Baking soda dikenal memang punya banyak kelebihan untuk perawatan tubuh sehari-hari. Salah satunya yakni untuk menyerap keringat berlebih dan mengurangi bau badan, karena mengurangi kelembapan dari dalam kulit. Untuk memanfaatkan baking soda, coba campurkan baking soda dengan air perasan lemon lalu usapkan ke bagian ketiak, atau area tubuh lainnya yang rentan berkeringat berlebih agar bisa terbebas dari keringat berlebih dan bau badan seharian.

3. Mandi daun rosemary

Mengandung kandungan mentol, zinc dan klorofil, daun rosemary jadi salah satu bahan alami lainnya yang bisa digunakan untuk mencegah hadirnya bau badan tak sedap, karena bisa mencegah tumbuhnya bakteri penyebab bau badan. Agar terhindar dari bau badan tak sedap, coba mandi dengan daun rosemary. Caranya, ambil setengah gelas berisikan daun rosemary kerong lalu tambahkan 480 ml air, diamkan sebentar lalu baru kemudian campurkan ke dalam air yang digunakan untuk mandi. Voila! Anda akan terhindar dari bau badan tak sedap walau beraktivitas seharian.

4. Gosok lemonĀ 

Kandungan acidic dalam lemon disebutkan dapat menurunkan tingkat Ph kulit sehingga dapat melawan bakteri penyebab bau badan. Untuk menggunakan air perasan lemon ini, cukup potong buah lemon jadi dua bagian lalu gunakan satu setengah lemon sebagai deodorant alami yakni dengan cara menggosok-gosokan lemon tersebut ke bagian ketiak, leher, tangan, kaki, ataupun area tubuh lainnya yang sering berkeringat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini