nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

OKEZONE WEEK-END: Undercut Hingga Enhanced Crop, Gaya Rambut Pemuda dari Era 70-an Hingga Sekarang

Pradita Ananda, Jurnalis · Sabtu 28 Oktober 2017 17:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 10 27 194 1803865 okezone-week-end-undercut-hingga-enhanced-crop-gaya-rambut-pemuda-dari-era-70-an-hingga-sekarang-tyFbOUrz9m.jpg Gaya Rambut Pria (Foto: Gentlehair)

WALAU tidak sedinamis dunia wanita pada umumnya, dunia pria pun juga mengalami proses evolusi loh. Di mana perubahan tersebut tidak hanya berputar pada gaya fashion, alias gaya berbusana, melainkan juga soal potongan gaya rambut.

Meskipun, perjalanan gaya rambut pemuda zaman dahulu versus zaman sekarang memang tidak sefluktuatif gaya potongan rambut wanita yang memang lebih beragam.

BACA JUGA:

Nah, jadi penasaran enggak sih, seperti apa gaya rambut para pemuda zaman dahulu dengan gaya rambut para pemuda zaman sekarang? Berikut ulasannya, sebagaimana Okezone telah himpun dari berbagai sumber.

Zaman dahulu

Undercut

Di era 1970-an, model rambut para pemuda yang paling hits kala itu ialah potongan gaya undercut. Yakni gaya potongan rambut yang dibuat cepak pendek pada kedua sisinya, sisi kanan dan sisi kiri, lalu menyisakan gumpalan rambut di bagian atas yang biasanya dibuat bergelombang. Potongan gaya rambut seperti ini, disebutkan sangat cocok untuk membingkai wajah yang berbentuk oval.

Pompadour

Di masa-masa akhir 1970’an menuju 1980’an, gaya rambut dari Elvis Presley di film Grease kala itu sangat demam di kalangan pemuda. Apalagi kalau bukan gaya rambut pompadour, potongan model pompadour ini membutuhkan rambut yang banyak nan tebal agar bisa dibentuk gelungan disisir sampai ke belakang dengan bantuan pomade.

Big hair 

Big ala rockstar alias bintang rock, diketahui jadi gaya rambut para pemuda yang populer di era 80'an. Biasanya untuk membuat rambut jadi lebih bervolume, para pria akan memakai mousse untuk memudahkan proses penataan rambut.

Flat top 

Lain lagi ketika era 1990’an, setelah gaya rambut big hair di era 80’an, di masa ini style model rambut para pemuda hadir dengan gaya yang lebih simpel seperti salah satunya flat top. Model rambut yang menampilkan bagian atas rambut dibiarkan sengaja lebih panjang daripada sisi samping dan sisi belakang.

Shag 

Memasuki era millennium, alias tahun 2000’an. Model rambut yang hits di kalangan pemuda, baik di Indonesia ataupun dunia global salah satunya adalah gaya rambut shag, model rambut berpotongan lurus dengan aksen poni lempar yang menjuntai.

Zaman sekarang 

Party on the top 

Semakin modern, maka semakin simpel pula gaya rambut para pemuda di jaman sekarang. Seperti misalnya gaya potongan party on the top, yang di mana menampilkan konsep gaya rambut yang sederhana sebab hanya menyisakan rambut di bagian atas kepala saja.

Middle long