nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

OKEZONE WEEK-END: Pola Asuh Anak Remaja Zaman Now, Gimana Ya Caranya?

Dewi Kania, Jurnalis · Minggu 29 Oktober 2017 10:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 10 27 196 1803825 okezone-week-end-pola-asuh-anak-remaja-zaman-now-gimana-ya-caranya-lV7O3JXlfI.jpg Ilustrasi (Foto: Babycouture)

ORANGTUA zaman sekarang pasti dihadapkan dengan banyak tantangan saat mengasuh remaja yang menjadi dewasa dengan baik. Karenanya, ada banyak hal yang harus diperhatikan supaya tidak salah asuh.

Mendidik generasi remaja zaman sekarang tergolong sulit. Karena semua akan berkutat dunia teknologi dan internet. Bahkan, tak cuma para remaja saja yang mengalami, anak-anak kecil juga ikut dalam pengasuhan serba teknologi.

Tak heran kalau generasi remaja selalu berkutat dengan gadget. Bahkan, metode belajarnya di sekolah juga tak lepas dari internet.

Karena itu, orangtua harus paham dengan pola pengasuhan anak yang tepat saat ini. Simak rangkumannya yang dilansir Ahaparenting.

Ajarkan kedisiplinan

Remaja yang tumbuh beranjak dewasa wajib dikenalkan dengan kedisiplinan. Karena hal ini kunci penting yang membuatnya bertahan menjadi seorang dewasa yang tangguh. Caranya cukup sederhana, misalnya patuh dengan segala perintah baik yang diberikan oleh orangtua. Misalnya, bangun pagi dan sarapan tepat waktu, pulang sekolah tepat waktu, terlambat ke sekolah dan lain sebagainya.

Selalu ajak diskusi

Mendiskusikan hal-hal yang kecil sangat sah dilakukan oleh orangtua dan anak remajanya. Hal ini penting dilakukan supaya anak bisa terbuka berbagi cerita dengan orangtua. Jangan biarkan anak sulit berkomentar atau menceritakan pengalamannya di luar rumah. Kalau tidak, anak remaja merasa tidak dianggap dan mereka sedang memasuki tahapan mencari jati diri.

Ajarkan untuk memilih hal baik

Sejak kecil, Bunda atau Ayah wajib mengajarkan hal sepele tapi dampaknya besar buat anak saat tumbuh dewasa. Ya, setiap anak berhak memilih mana hal yang baik dan buruk. Pilah-pilah bagian ini supaya anak remaja tak kebingungan dalam mengambil keputusan.

Jangan larang gunakan gadget

Sebaiknya, orangtua yang baik tidak terlalu melarang anaknya untuk bermain gadget. Tapi Anda harus membatasi, jangan berikan gadget terlalu sering agar anak tidak ketagihan. Tapi perhatikan, mereka juga take mungkin betah berlama-lama menghadap handphone karena mata bisa lelah dan jadi bosan.

Ajak anak berpikir positif

Anak remaja juga harus diajarkan supaya tetap berpikir positif. Kebiasaan ini juga baik untuk membangun karakternya saat beranjak dewasa. Kalau Anda tak mengajarkan hal tersebut, khawatirnya mereka jadi susah diatur dan tidak percaya diri.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini