nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Hidangan Pendamping Paling Pas untuk Menyantap Papeda Selain Ikan Kuah Kuning

Vessy Frizona, Jurnalis · Jum'at 27 Oktober 2017 11:57 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 10 27 298 1803447 4-hidangan-pendamping-paling-pas-untuk-menyantap-papeda-selain-ikan-kuah-kuning-gZ9AJD5tWF.jpg Papeda (Foto: Vessy/Okezone)

PAPEDA, Ya namanya mungkin terdengar asing bagi sebagian masyarakat Indonesia. Namun, bagi yang pernah berkunjung ke Indonesia bagian timur nusantara, pasti tahu apa itu papeda.

Papeda adalah makanan khas orang timur Indonesia, terutama di provinsi Papua. Papeda merupakan makanan pokok pengganti nasi yang disantap dengan lauk-pauk.

Salah seorang juru masak rumahan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Yambise bernama Selly menuturkan, papeda adalah bubur sagu berwarna putih bening. Tekstur papeda sama seperti lem dan memiliki rasa tawar.

"Papeda adalah makanan pokok yang biasanya dihidangkan dengan ikan kuah kuning asam. Rasa asam dan gurih di lidah dari ikan kuah sangat cocok dengan papeda yang rasanya tawar," ujar Selly khas logat Papua saat berbincang beberapa waktu lalu di Biak, Papua.

Selain ikan kuah kuning berbumbu kunyit dan asam, papeda juga nikmat disantap dengan beberapa hidangan pendamping lain.

"Pertama bisa dimakan dengan macam-macam ikan goreng. Misalnya, ikan tuna, tongkol, atau ikan mubara," ucapnya.

Ada juga yang menyantap papeda dengan lalap-lalapan, seperti ketimun, terong mentah, dan sayur kacang panjang. Namun, jangan lupa ditambah sambal untuk dicocol.

Sementara itu, menu lainnya untuk padanan papeda yakni sayur pepaya.

"Daun pepaya muda yang tumis bersamaan dengan bunganya kemudian diberi bumbu rempah. Kadang kala, bunga pepaya juga dicampur dengan tumis kangkung untuk menyantap papeda," bebernya.

Hidangan-hidangan di atas sudah menjadi sajian lengkap dan sempurna untuk menikmati papeda sebagai menu makan siang. Berani coba?

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini