nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kalau Presiden Jokowi Minum Jamu, Mendiang Gus Dur Doyan Menyeruput Wedang Jahe

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Senin 30 Oktober 2017 07:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 10 27 298 1803785 kalau-presiden-jokowi-minum-jamu-mendiang-gus-dur-doyan-menyeruput-wedang-jahe-DSkJm5b9z3.jpg Mendiang Gus Dur doyan wedang jahe (Foto:Ilustrasi/Ist)

KENIKMATAN makanan Indonesia memang tidak terbantahkan lagi. Terutama yang diolah dengan campuran bumbu rempah-rempah. Salah satu contohnya adalah rendang. Beberapa waktu lalu,makanan ini kembali didapuk sebagai makanan terlezat di dunia oleh media internasional ternama.

Sehingga tidak mengherankan jika seluruh masyarakat Indonesia, termasuk para pejabat-pejabatnya, sangat menyukai makanan dan minuman yang diolah menggunakan bumbu rempah-rempah. Okezone berhasil merangkum 3 tokoh Indonesia yang sangat menggemari jenis hidangan tersebut. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ulasan lengkapnya.

BACA JUGA:

URBAN FOOD: Semangkuk Bubur Ayam Hangat untuk Temani Sore yang Dingin

 

Abdurrahman Wahid (Gus Dur)

Saat menjadi kepala negara Indonesia, mendiang Abdurrahman Wahid ternyata sangat menggemari berbagai macam makanan tradisional Indonesia. Salah satunya adalah gudeg ceker Bu Kasno yang terletak di kota Solo, Jawa Tengah. Ketika menyantap hidangan ini, pria yang akrab disapa Gus Dur itu bisa menghabiskan 30 – 40 potong ceker ayam. Untuk minumannya sendiri, ia selalu memesan wedang jahe gepuk Mbah Wir yang disebut-sebut sebagai wedang paling enak se-Asia Tenggara.

Prabowo

Beberapa waktu lalu, Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sempat melakukan pertemuan politik di kediaman SBY, Puri Cikeas, Bogor, Jawa Barat. Dalam pertemuan tersebut, terungkap sebuah fakta bahwa Prabowo ternyata sangat menyukai nasi goreng. Hal ini bermula ketika SBY menyajikan olahan nasi goreng langganannya sebelum memulai pembicaraan. Prabowo mengakui bahwa nasi goreng cikeas mampu menyaingi nasi goreng Hambalang yang sering disantapnya. “Intelnya Pak SBY itu kuat, dia tau kelemahan Prabowo itu nasi goreng. Asal diberi nasi goreng saja Prabowo itu setuju saja,” kata Prabowo sambil tertawa.

BACA JUGA:

Kisah Tahu Seharga Rp2 Juta di Restoran di Tokyo

Joko Widodo

Kesederhanaan Presiden Joko Widodo ternyata tidak hanya terlihat dari gaya bertutur katanya, tetapi juga sering terlihat saat menjalankan aktivitas. Salah satunya adalah ketika menjamu tamu negara, tokoh-tokoh nasional, maupun rakyatnya yang diundang secara langsung ke Istana Negara. Makanan yang disuguhkan Jokowi terbilang sederhana namun tidak meninggalkan nilai-nilai Indonesia. Hal ini juga berlaku pada menu makanan favoritnya. Menurut pengakuan Tri Supriharjo, koki pribadi Jokowi, makanan favorit ayah tiga orang anak itu sebetulnya adalah masakan rumahan, seperti sop ayam, sayur bening bayam, dan tumis papaya muda.

 

“Tempe dan tahu tidak lupa disajikan untuk menemani menu utama. Kalau camilannya, bapak suka singkong goreng, jagung rebus, lento, dan makanan dari ketela yang diparut dan diberi kelapa lalu digoreng,” tutur Tri dalam video bertajuk “Cerita dari Dapur Presiden” yang diunggah di Youtube, beberapa waktu lalu.

Namun satu hal yang tidak pernah diketahui banyak orang, Presiden Jokowi ternyata selalu mengonsumsi jamu setiap pagi. Jamu-jamu ini terdiri dari beberapa tanaman rempah seperti temulawak, jahe, dan kunyit.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini