WALK & WOK: Mencicipi Lobster Air Tawar, Dagingnya Lembut dan Manis Khas Danau Toba Balige

Dewi Kania, Jurnalis · Jum'at 27 Oktober 2017 19:29 WIB
https: img.okezone.com content 2017 10 27 298 1803808 walk-wok-mencicipi-lobster-air-tawar-dagingnya-lembut-dan-manis-khas-danau-toba-balige-GjkVxEYMth.jpg Lobster air tawar (Foto: Dewi / Okezone)

SIAPA bilang lobster hanya bisa hidup di air laut. Di Danau Toba ada sajian lobster air tawar yang bercitarasa manis, tak kalah lezat dengan lobster laut.

Saat mendatangi Balige, Tapanuli Utara, ada banyak sajian ikan atau lobster air tawar yang ditangkap di dalam perairan danau terbesar di Indonesia ini. Kedua lauk itu dijadikan sebagai menu andalan khas Tanah Batak.

Anda bisa melipir ke Pantai Pasir Putih Lumban Bulbul kalau ingin mencicipi citarasa khas dari lobster tawar ini. Ada satu warung makan yang nyaman di sana untuk makan, sembari menikmati pemandangan bukit dari bibir Danau Toba.

BACA JUGA:

Biar Enggak Kaya ''Telor Ceplok'', Begini Latihan Sederhana agar Payudara Kencang seperti Nikita Mirzani

Sudah Raup Untung 5,7 Triliun, Kylie Jenner Masih Ingin Kembangkan Produk Kosmetiknya

Nah, lobster tawar yang dijual agar berbeda bentuknya. Tidak besar-besar, melainkan ukurannya kecil. Bila dilihat dari kejauhan, lobster ini mirip udang windu. Tapi kalau dari dekat, malahan lobster ini mirip dengan kalajengking. Ups, jangan khawatir ini cuma lobster kok.

Tekstur daging lobster tawar ini tergolong lembut. Tak ada bau amis sedikitpun saat dimakan. Sangat mantap kalau lobster ini dimasak dengan bumbu saus asam manis dan saus padang. Yummy! Benar-benar menggugah selera.

 

Ditambah dengan nasi panas dan tumis kangkung yang mantap. Tak perlu untuk menambahkan sambal karena masakannya sudah pedas.

Nah, Okezone berkesempatan mencicipi lobster saus padang dan lobster asam manis. Rekomendasi yang nikmat disantap saat makan siang yakni lobster saus padang.

Perpaduan pedas lada, jahe, bawang putihnya nikmat tiada tara. Dijamin sekali gigit bisa nagih!

Karena bentuknya kecil-kecil, makannya jadi susah. Tangan harus belepotan dengan bumbu, supaya daging lobster yang lembut bisa masuk ke mulut dengan sempurna.

Pemilik Warung Leon Aldo salah satu penjual lobster di bibir danau yang terbentang luas di Sumatera Utara itu. Dia sudah empat tahun berjualan masakan dari lobster dan ikan tawar.

"Empat tahun saya sudah jualan, tapi baru setahun belakangan warung ini bagus. Tiap akhir pekan pasti ramai," katanya kepada Okezone di Balige, Sumatera Utara, Jumat (27/10/2017).

Dia mengatakan, ciri khas kuliner Balige salah satunya adalah lobster tawar yang ditangkap dari Danau Toba. Tapi karena semakin diminati banyak orang, akhirnya lobster ini dibudidayakan penduduk setempat.

Orang Parapat biasanya yang membudidayakan lobster ini. Lalu, dikirim ke Balige setiap minggunya sebagai pasokan untuk dijual kembali.

BACA JUGA:

Cerita Achintya Nilsen Berbagi Barang Lelang Bersama Kontestan Miss World 2017 di Shenzhen

Monochrome Chic Ditonjolkan Barli Asmara pada Koleksi Ready to Wear yang di Tampilkan di Jakarta Fashion Week 2018

"Banyak orang-orang di pinggir pulau sana menanam keramba yang menjadi habitat lobster," imbuhnya.

Kalau Anda ingin mencicipi kenikmatan lobster tawar yang enak ini, cukup merogoh kocek sebesar Rp100 ribu saja untuk satu kilogram lobster. Sangat pas untuk dimakan untuk dua porsi.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini