nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Keren, Pria Ini Berhasil Terbang dengan 100 Balon Diikat ke Kursi

Tiara Putri, Jurnalis · Jum'at 27 Oktober 2017 15:05 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 10 27 406 1803572 keren-pria-ini-berhasil-terbang-dengan-100-balon-diikat-ke-kursi-RgV7bxgZhE.jpg Wisata balon udara (Foto:BBC)

APA yang Anda ingat bila berbicara mengenai film Up? Pasti banyak yang teringat dengan sosok kakek yang berusaha mewujudkan impian mendiang istrinya yaitu tinggal di suatu tempat. Untuk mewujudkannya, kakek ini memasang balon helium guna memindahkan rumahnya ke tempat impian istrinya. Cara ini ternyata diikuti oleh seorang pria dari Bristol.

Tom Morgan mencoba terbang menggunakan seratus balon helium yang diikatkan pada sebuah kursi. Beberapa kali mencoba di Botswana untuk terbang, Morgan menemui kegagalan. Namun dia tidak menyerah dan mencoba pergi ke Afrika Selatan untuk mewujudkan keinginannya. Bagian utara Johannesburg dipilih pria berusia 38 tahun itu untuk terbang dengan balon helium.

BACA JUGA:

4 Hidangan Pendamping Paling Pas untuk Menyantap Papeda Selain Ikan Kuah Kuning

Beruntung impiannya berhasil diwujudkan. Jumat pekan lalu, Morgan berhasil terbang dengan seratus balon helium yang digantungkan ke kursi. Ketinggian terbangnya mencapai 8.000 kaki atau 2.438 m. Jarak tempuh terbangnya pun cukup jauh yaitu 25,7 km.

Melansir dari BBC, Jumat (27/10/2017), Morgan mengatakan perasaannya setelah berhasil terbang adalah ajaib, tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata. “Ini adalah pengalaman yang sangat luar biasa dan menyejukkan. Walau begitu saya tetap berada di antara ketakutan dan kegembiraan saat kursi yang saya duduki mulai terangkat,” tutur Morgan.

 

Butuh dua hari bagi Morgan untuk meniup dan mempersiapkan penerbangan kursi balon heliumnya. Maka tak heran dia merasa gembira saat balon berhasil melayang menuju lapisan inversi atmosfer. Dikatakan oleh Morgan, penerbangan mulai melaju dengan sangat cepat saat terjadi peningkatan suhu.

BACA JUGA:

Polusi Udara Jadi Momok Menakutkan, Menkes: Jalan Kaki di Jakarta Harus Pakai Masker

“Hal itu tidaklah mudah. Saya mengalami kesulitan untuk melihat jendela cuaca yang bagus dan melindungi balon yang terus meledak. Akan tetapi saya harus tetap tenang dan memotong balon secara perlahan. Saya juga harus menghindari daerah tertentu, terutama yang memiliki banyak semak berduri,” ungkap Morgan.

Keberanian Morgan untuk terbang menggunakan balon helium dilandasi oleh latar belakangnya. Dia telah tinggal di Bristol selama 15 tahun dan menjalankan sebuah perusahaan petualangan. Setelah merasakan pengalaman terbang ini, Morgan ingin mengadakan sebuah perlombaan balon helium yang kompetitif di Afrika.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini