Mau Buka Restoran? Simak Tips dari Chef Axhiang kalau Mau Bisnis Kulinermu Sukses!

Annisa Aprilia, Jurnalis · Sabtu 28 Oktober 2017 18:53 WIB
https: img.okezone.com content 2017 10 28 298 1804302 mau-buka-restoran-simak-tips-dari-chef-axhiang-kalau-mau-bisnis-kulinermu-sukses-QXsYDgSddE.jpg Chef Axhiang (Foto: Annisa Aprilia / Okezone)

BERBURU kuliner jadi kebiasaan yang kini menjelma jadi tren. Hampir sebagian besar masyarakat Indonesia, khususnya Jakarta selalu mencari inovasi-inovasi baru kuliner.

Inovasi kuliner tersebut bisa dari dalam negeri atau luar negeri yang disesuaikan dengan lidah masyarakat Indonesia. Namun, tanpa disadari masyarakat sebenarnya terkadang hanya tergoda pada tampilan dari makanan yang dibelinya. Beberapa makanan yang dijajakan hanya menarik pada penampilan atau presentasinya, tapi soal rasa kadang tidak terlalu sesuai lidah.

Penemuan terbaru ternyata juga dialami oleh masakan-masakan Nusantara. Ditangan koki-koki handal asli Indonesia, masakan khas Nusantara jadi kembali diminati oleh masyarakat Indonesia.Kesan tradisional dan kurang menarik pun perlahan ditinggalkan.

BACA JUGA:

"Kalau inovasi masakan Nusantara, saya biasanya hanya mengubahnya dari tampilan dan tetap mempertahankan keotentikannya. Kita jangan sampai menghilangkan keasliannya, seperti bumbu-bumbu dan rempah-rempah yang digunakan," ucap Chef Axhiang, Master Chef, ketika diwawancarai Okezone dalam kesempatan Grand Opening Canabeans Coffee di kawasan Alam Sutera, Tangerang.

Selain itu, Chef Axhiang juga mengungkapkan sebaiknya masakan Indonesia diubah tampilannya menjadi lebih modern lagi. Pasalnya, zaman sekarang makanan-makanan dari luar negeri pun mengambil hati masyarakat Indonesia dari penampilannya.

"Aku lebih bikin inovasi dari presentasinya yang diimprove, kalau rendang disajikan biasa saja, nanti tidak akan menarik. Sekarang budaya kuliner dari luar negeri yang masuk ke Indonesia luar biasa sekali. Kalau negara lain bisa tampil beda, kenapa kita enggak?" ucapnya.

Dengan tampilan makanan yang berbeda, Axhiang juga mengatakan keaslian dari masakan tidak boleh dihilangkan. Tapi, cukup hanya presentasi atau tampilannya saja yang diubah. Pasalnya, menurut Axhiang penampilan makanan itu yang utama dalam menggoda pelanggan.

"Tampilan makanan itu kalau menurut aku adalah sebuah hal yang harus diutamakan, apalagi kalau untuk disajikan ke tamu, maka makanan itu harus cantik dan indah," ucapnya.

Tampilan makanan yang cantik dan indah menurut chef yang berwajah oriental tersebut akan menggugah selera penikmatnya. Dengan tampilan yang apik, maka secara otomatis penikmat akan merasakan godaan dari makanan terlebih dahulu baru akan memakannya.

"Tampilan makanan itu kan bisa membangkitkan selera makan, sebelum makan kita bisa tergoda karena tampilannya. Kalau tampilannya biasa-biasa aja, walaupun sebenarnya rasa enak, akan jadi meragukan," ucapnya.

 BACA JUGA:

Axhiang juga menyarankan, jika hendak menjual makanan sebaiknya presentasikan makanan dengan cantik dan indah. Pasalnya, presentasi makanan itu nomor satu dan yang paling utama.

Pelanggan akan melihat gambar makanan terlebih dahulu dari menu, jika ia sudah tergoda dari gambar yang ada di menu maka pelanggan akan memutuskan untuk membelinya walau ia belum tahu rasanya. Tapi, para penjual makanan juga tidak boleh melupakan rasa, sebab pelanggan akan kembali membeli atau datang ke restoran jika rasanya enak dan cocok di lidahnya.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini