Selain Sumpah Pemuda, Ini Sumpah yang Populer, dari Sumpah Muhabalah Anas Urbaningrum hingga Sumpah Pocong

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Minggu 29 Oktober 2017 09:18 WIB
https: img.okezone.com content 2017 10 29 196 1804493 selain-sumpah-pemuda-ini-sumpah-yang-populer-dari-sumpah-muhabalah-anas-urbaningrum-hingga-sumpah-pocong-5zqp4lnEox.jpg Sumpah Pemuda (Foto: Okezone)

SUMPAH Pemuda selalu diperingati sebagai salah momen mempersatukan suku dan latar belakang menjadi satu bangsa dan bahasa. Makna yang terkandung di dalamnya pun sangat kuat.

Namun selain Sumpah Pemuda, di Indonesia ada beberapa sumpah yang tak kalah populer. Mulai dari Sumpah Palapa yang diucapkan oleh Maha Patih Gajah Mada hingga sumpah-sumpah yang diucapkan oleh figur publik di negeri ini.

Simak ulasan beberapa sumpah yang populer di Tanah Air yang Okezone rangkum berikut ini:

Sumpah Palapa

Sumpah Palapa yang dikumandangkan oleh patih dari Kerajaan Majapahit, Gajah Mada adalah salah satu sumpah paling terkenal di negeri ini. Sumpah ini berbunyi "Lamun huwus kalah Nusantara isun amukti palapa" yang artinya Gajah Mada tidak akan bersenang-senang sebelum mempersatukan Nusantara.

Dari makna persatuan yang terkandung di dalamnya, Sumpah Palapa disebut sebagai salah satu inspirasi munculnya Sumpah Pemuda. Sebab, keduanya memiliki makna yang sama, yakni makna persatuan bangsa.

Sumpah Mpu Gandring

Sumpah yang diucapkan Mpu Gandring, seorang pembuat keris ini lebih terdengar seperti kutukan. Mpu Gandring mengeluarkan sumpah sesaat sebelum dirinya tewas karena ditusuk menggunakan keris buatannya oleh Ken Arok yang kehilangan kesabaran karena kerisnya tak kunjung selesai. Kemudian Mpu Gandring berucap sumpah atau kutukan bahwa Ken Arok akan mati ditusuk dengan keris itu. Begitu pula dengan orang terdekat dan keturunannya.

Kutukan itu pun terbukti, Ken Arok dibunuh oleh Anusapati, anak tirinya karena diketahui telah membunuh ayahnya, Tunggu Ametung. Kemudian Anusapati dan Tohjaya juga menjadi korban dari kutukan Mpu Gandring ini.

Sumpah Pocong

Sumpah Pocong menjadi salah satu sumpah yang ada di dalam masyarakat. Sumpah ini dipraktikkan dengan tujuan membuktikan kebenaran suatu hal. Untuk melakukan sumpah pocong, seseorang akan dibalut dengan kain kafan layaknya orang meninggal. Jika sumpahnya bohong, seseorang diyakini akan mendapat musibah atau hukuman dari Allah. Di Indonesia, sumpah ini sempat dilakukan oleh Arya Wiguna yang berseteru dengan Farhat Abbas.

Sumpah Muhabalah Anas Urbaningrum

Sumpah Muhabalah adalah sebuah sumpah yang dilakukan seseorang untuk membuktikan bahwa dirinya tidak bohong. Tujuan sumpah muhabalah hampir sama dengan sumpah pocong. Hanya saja, sumpah ini dilakukan dengan bersumpah atas nama Allah bahwa dirinya tidak berdusta dan tidak menggunakan kain kafan.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini