nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tempat Ngopi Kekinian Pertama di Balige, Cobain Kopi Arabika Dolok Sanggul

Dewi Kania, Jurnalis · Minggu 29 Oktober 2017 12:02 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 10 29 298 1804503 tempat-ngopi-kekinian-pertama-di-balige-cobain-kopi-arabika-dolok-sanggul-45BwucKYWh.jpg Kopi Arabika Dolok Sanggul (Foto: Dewi/Okezone)

KOTA Balige bukanlah kota besar dan anak mudanya cenderung tidak suka nongkrong dan minum kopi. Tapi di sana, ada warung kopi enak yang punya sajian arabika Dolok Sanggul dari Sumatera Utara. 

Bila kebetulan Anda datang ke sana, jangan lupa cicipi kenikmatan arabika Dolok Sanggul yang tumbuh di kawasan yang sama. Bagi pecinta kopi, biji arabika Dolok Sanggul paling dicari-cari.

Seperti kita tahu, Sumatera Utara merupakan tanah yang beruntung. Karena banyak ditumbuhi aneka jenis kopi arabika dan robusta yang sudah dikenal dunia. Sayangnya di Balige terutama, tidak banyak warung kopi yang serius meracik kopi dengan teknik barista-barista profesional.

Tapi di sana ada satu warung kopi Yoyo Coffee menjual kopi dengan teknik seduh yang sering digunakan oleh barista. Pemiliknya Espon Simanjuntak memilih kopi arabika Dolok Sanggul yang identik dengan rasa rempah dan coklat.

Coffee shop miliknya ini baru dibuka 6 bulan belakangan. Tapi sudah banyak warga sekitar yang mengenal tempat ini.

"Orang sini rata-rata senang minum kopi hitam," katanya kepada Okezone, Sabtu 28 Oktober 2018.

Di tempat ini selain coba kopi hitam dengan teknik espresso buatan mesin, americano, hingga french press, ada basis kopi latte dengan tambahan susu. Dijamin Anda menyukai kopi arabika terbaik dari Sumatera Utara ini menurut Okezone.

Adapun biji arabika Dolok Sanggul telah di-roasting dengan tingkat medium dark roast. Tentu rasa kopinya tidak meninggalkan sisa pahit di lidah usai diminum. Apalagi minumnya saat cuaca dingin dan hujan, bisa menghangatkan badan sekaligus mencegah ngantuk selama menghabiskan waktu liburan di sana.

Harga segelas kopi yang ditawarkan di sini mulai kisaran harga Rp10 ribu - 25 ribu saja. Meski harganya murah, kualitas biji kopinya tergolong premium. Dalam satu minggu, Espon menghabiskan 5 kg biji kopi roasting baru.

"Biji kopi Dolok Sanggul ini biasanya diekspor. Proses tanam, petik sampai roasting-nya dilakukan di tempat asalnya," imbuhnya.

Tempat ini sangat mudah dicari, karena berada di tempat keramaian. Anda bisa datang ke Jalan Gereja Lumban Dolok Haume, Balige. Tepatnya ada di sebelah RS HKBP Balige, Sumatera Utara.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini