nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ada-Ada Saja! Wanita di China Lakukan Facial Lintah untuk Sembuhkan Jerawat, Gimana Rasanya Ya?

Annisa Amalia Ikhsania, Jurnalis · Senin 30 Oktober 2017 08:02 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 10 30 194 1804804 ada-ada-saja-wanita-di-china-lakukan-facial-lintah-untuk-sembuhkan-jerawat-gimana-rasanya-ya-esx1DG3Rqq.jpg Facial Lintah (Foto: Dailymail)

JERAWAT memang menjadi salah satu permasalahan kulit yang paling menjengkelkan bagi banyak orang. Segala perawatan kecantikan dilakukan demi membasmi masalah jerawat. Salah satunya cara yang dilakukan wanita asal China ini.

Ya, seorang wanita di China menjadi viral usai melakukan perawatan kecantikan yang mengerikan. Dalam video tersebut, wanita itu melakukan perawatan wajah menggunakan beberapa ekor lintah hidup.

Menurut pakar kecantikan di klinik kecantikan, lintah diklaim ampuh mampu menyedot jerawat. Lintah dipercaya mempercantik kulit sejak ribuan tahun yang lalu. Dilansir Dailymail, Senin (30/10/2017), di China, lintah berfungsi sebagai obat yang berfungsi untuk memperlancar peredaran darah.

Sang terapis dalam video tersebut pun mengungkapkan bahwa lintah bisa membuat kulit menjadi lebih lembut. Tak hanya menghilangkan jerawat, namun perawatan kecantikan menggunakan lintah bisa menghilangkan tanda-tanda penuaan.

"Tak ada efek samping atau komplikasi, semuanya alami," ujar sang terapis.

Lantas, apakah benar lintah bisa menghilangkan jerawat hingga membuat wajah tampak halus?

Diungkapkan oleh dokter kulit Joshua Zeichner dari rumah sakit Mount Sinai di New York, Amerika Serikat, lintah memang kerap dijadikan sebagai terapi pengobatan untuk menyembuhkan luka. Namun, masih sangat sedikit penelitian masalah jerawat yang bisa disembuhkan menggunakan lintah.

"Penyebab jerawat sebenarnya adalah bakteri yang berkembang jauh di dalam lapisan kulit, sehingga sangat sulit bila lintah bisa menyedot jerawat," kata Dr Joshua, seperti dikutip Allure.

Ia juga tidak tidak terlalu menyarankan penggunaan lintah sebagai perawatan jerawat. Menurutnya, lebih efektif menggunakan krim jerawat dibanding melakukan facial lintah.

"Lintah mungkin hanya sedikit membantu menyembuhkan jerawat yang meradang. Tapi, saya tetap akan rekomendasikan pasien menggunakan krim jerawat," kata Dr. Joshua.

Facial lintah sendiri sudah sering digunakan sebagai perawatan untuk mengatasi masalah kerutan wajah dan penuaan kulit. Selebriti seperti Miranda Kerr dan Demi Moore pernah melakukan perawatan lintah sebagai anti penuaan.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini