nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ikan Kuah Kuning Bikinan Menteri Yohana Rasanya Juara!

Vessy Frizona, Jurnalis · Senin 30 Oktober 2017 09:46 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 10 30 298 1804849 ikan-kuah-kuning-bikinan-menteri-yohana-rasanya-juara-ugBoEixl7N.jpg Ikan Kuah Kuning (Foto: Vessy/Okezone)

PAPUA terkenal keindahan alam dan kekuatan budaya lokal yang masih terjaga dengan baik. Namun, Papua juga terkenal dengan kuliner khasnya. Adalah Papeda, sagu yang dimasak menjadi bubur sehingga menciptakan tekstur yang kenyal seperti lem, merupakan makanan khas Papua.

Papeda pun biasanya dinikmati dengan berbagai hidangan pendamping, agar tak terasa hambar. Biasanya masyarakat Papua dan wilayah Indonesia timur lainnya, menyantap Papeda dengan lauk-pauk. Salah satunya ikan kuah kuning. Masakan ini selalu ada setiap papeda disajikan.

Ikan kuah kuning sendiri adalah masakan seperti sup ikan, kuahnya berwana kuning, rasanya gurih dan pedas. Keistimewaan ikan kuah kuning terletak pada kekuatan bumbu yang membuat rasanya pedas-pedas segar.

Nah untuk membuat ikan kuah kuning yang gurih, mantap dan beraroma, salah satu juru masak rumahan di kediaman Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Yohana Yembise yang bernama Selly membeberkan bumbu pendukung rahasia yang menjadikan ikan kuah kuning berkesan di lidah.

"Masaknya pakai cabai rawit, jeruk nipis, daun kemangi," ujar wanita yang kerab disapa Tante Selly itu singkat kepada Okezone saat ditemui di Kabupaten Biak Numfor, belum lama ini.

Cabai rawit utuh dan perasan jeruk nipis, dan beberapa lembar daun kemangi di masukkan ke dalam kuah. Kolaborasi ketiga bumbu itu mengeluarkan aroma yang menggugah selera. Saat disantap dengan papeda bumbunya meresap dan tertinggal di lidah.

Ada pun ikan yang digunakan untuk membuat ikan kuah kuning adalah ikan tongkol. Untuk bumbu dasar yaitu batang serai, daun salah, 2 sendok minyak goreng untuk menumis, 700 ml air (untuk satu porsi), gula agar menghasilkan rasa gurih, dan garam secukupnya.

Sementara, untuk bumbu halus, sediakan 3 siung bawang putih, 6 buah bawang merah, 3 buah kemiri yang disangrai, 2 cm jahe, dan 2 cm kunyit. Hmm sepertinya lezat, Yuk bikin dirumah!

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini