nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Asyik! Peserta Tour de Central Celebes Bisa Nikmati Keindahan Teluk Palu dengan Kuda

Agregasi Antara, Jurnalis · Senin 30 Oktober 2017 17:25 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 10 30 406 1805182 asyik-peserta-tour-de-central-celebes-bisa-nikmati-keindahan-teluk-palu-dengan-kuda-3I7rc85e8W.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

PALU - Para peserta lomba balap sepeda wisata internasional Tour de Central Celebes (TdCC) akan menikmati keindahan wisata Teluk Palu dengan menggunakan kendaraan tradisional yakni dokar atau menunggang kuda.

"Panitia menyiapkan dokar atau bendi dan kuda bagi yang ingin menikmati keindahan Teluk Palu dengan sarana transportasi tradisional," kata Syamsudin Saidu, Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Dinas Kominfo Sulteng di Palu, Senin (30/10/2017).

TdCC yang akan berlangsung 6-8 November 2017 ini akan diikuti sekitar 120 pebalap dari 30 negara. Mereka terbagi dalam 15 tim, 10 di antaranya adalah tim mancanegara.

Menurut Syamsuddin, sesuai jadwal acara, para peserta tersebut berikut ofisial mereka, sudah akan tiba di Kota Palu pada Rabu, 1 November 2017 sekitar pukul 09.00 Wita.

Setelah check-in di hotel masing-masing, para peserta akan dijamu makan siang di Kampung Kaili, Anjungan Nusantara, Teluk Palu, oleh Gubernur Sulteng, Wali Kota Palu serta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah.

Setelah bertatap muka dan mendapat informasi mengenai Sulawesi Tengah serta kekayaan alam dan keindahannya, para peserta TdCC akan menikmati wisata Teluk Palu pada Rabu petang.

Sedangkan pada Kamis (2/11), para peserta TdCC akan melaksanakan 'City Tour' menggunakan sepeda, sementara pada Jumat (3/11) dan Sabtu (4/11), seluruh peserta akan diterbangkan ke Kota Ampana, Kabupaten Tojo Unauna, yang akan menjadi titik star TdCC.

(Baca Juga: Tulang Rentan Diserang Sel Kanker, Ini Trik Mengetahui Gejalanya)

Di Ampana, panitia juga menyiapkan berbagai acara wisata alam, kuliner dan hiburan bagi peserta TdCC seperti menikmati keindahan alam bawah laut di Taman Nasional Laut Kepualaun Togean.

"Kami siap memanjakan semua peserta TdCC dengan keindahan alam, seni dan budaya, kuliner serta keramah-tamahan penduduk Sulteng di semua daerah yang dilintasi rute balapan sepeda wisata ini," ujarnya.

Lomba balap sepeda yang akan diikuti sekitar 120 pebalap mancanegara dan nasional itu akan menempuh jarak sepanjang 486,9 kilometer yang melintasi Kabupaten Tojo Unauna, Poso, Parigi Moutong, Donggala, Sigi dan Kota Palu.

(Baca Juga: VIRAL! Anjing Ini Saja Punya Hobi Berpelukan, Masa Kamu Enggak?)

Etape I berjarak 198 km dari Ampana ke Danau Poso pada 6 November 2017, start pukul 10.00 Wita dan finish pukul 14.40 Wita. Etape II Poso-Parigi sepanjang 135,6 kilometer, start pukul 09.00 Wita dan finish pukul 12.02 Wita pada 7 November.

Etape III Parigi-Sigi-Palu sepanjang 153,3 kilometer, start pukul 12.00 Wita dan finish di depan Kantor Gubernur Sulteng di Kota Palu pukul 15.34 Wita, 8 November.

"Khusus dalam Kota Palu, para pembalap akan memutar sebanyak lima kali pada rute sepanjang 6,6 kilometer atau total panjang 33 kilometer, menyusuri jalan-jalan utama dengan maksud agar sebanyak mungkin masyarakat ibu kota Provinsi Sulteng ini bisa menikmatinya.

Para peserta akan menginap di Ampana, Poso, Parigi dan Kota Palu dan di setiap kota itu, pemerintah daerah masing-masing telah menyiapkan acara hiburan dan kuliner yang akan menampilkan potensi wisata dan seni budaya tradisional masing-masing daerah.

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini