nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Minyak Kelapa Bisa Bikin Gemuk, Mitos atau Fakta?

Dewi Kania, Jurnalis · Senin 30 Oktober 2017 16:30 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 10 30 481 1804989 minyak-kelapa-bisa-bikin-gemuk-mitos-atau-fakta-Jg7dihO945.jpg Ilustrasi (Foto: Boldsky)

TIDAK ada keraguan lagi manfaat dari minyak kelapa. Tapi masih banyak mitos dan fakta yang dipercaya banyak orang hingga kini.

Minyak kelapa sebenarnya banyak sekali kegunaannya. Dalam jangka panjang, jika minyak kelapa dikonsumsi setiap hari, Anda bisa mendapatkan keuntungannya.

(Baca juga: Ikan Kuah Kuning Bikinan Menteri Yohana Rasanya Juara!)

Karena selama ini orang kerap menggunakan minyak kelapa untuk olesan kulit. Mereka jarang mengonsumsi langsung, padahal lebih bermanfaat.

Jika ingin tahu lebih lanjut, berikut adalah beberapa mitos dan fakta dari minyak kelapa yang wajib Anda kenali. Simak ulasannya, dilansir Organicfacts, Senin (30/10/2017).

(Baca juga: Tulang Rentan Diserang Sel Kanker, Ini Trik Mengetahui Gejalanya)

Mitos 1: Karena sebagian besar terdiri dari lemak jenuh, minyak kelapa meningkatkan kadar kolesterol dan meningkatkan risiko serangan jantung.

Fakta: Orang awam sering mengaitkan bahwa minyak kelapa mengandung kolesterol jahat. Padahal itu hanya mitos, yang harus Anda tahu faktanya minyak kelapa justru mencegah lonjakan kolesterol jahat dalam tubuh yang memicu penyakit jantung. Minyak kelapa murni mengandung lemak baik yang bagus dikonsumsi seseorang dengan aman.

(Baca juga: VIRAL! Anjing Ini Saja Punya Hobi Berpelukan, Masa Kamu Enggak?)

Mitos 2: Lemak jenuh hadir dalam minyak kelapa menambah berat badan dan menyebabkan obesitas.

Fakta: Sebaliknya, asam lemak jenuh yang ada dalam minyak kelapa meningkatkan laju metabolisme, sehingga menyebabkan konsumsi energi yang baik. Minyak kelapa selalu diresepkan untuk orang yang ingin menurunkan berat badan. Anda bisa mengonsumsi dengan rutin agar mendapatkan manfaatnya.

Mitos 3: Minyak kelapa dapat mengiritasi pada kulit.

Fakta: Minyak kelapa tidak menyebabkan iritasi karena adanya debu atau partikel. Minyak kelapa juga tidak menyebabkan alergi kulit dan peradangan. Bahkan, kebenarannya minyak kelapa dapat menyembuhkan kulit yang iritasi, luka, kulit kering, dan sebagainya.

Mitos 4: Minyak kelapa manis dan tidak baik untuk penderita diabetes.

Fakta: Minyak kelapa rasanya tidak manis dan tidak mengandung glukosa di dalamnya. Minyak ini hanya murni mengandung lemak baik yang tidak menyebabkan diabetes.

Mitos 5: Minyak kelapa tebal dan tidak mudah diserap.

Fakta: Minyak kelapa murni tidak lengket dan mudah diserap tubuh. Itulah sebabnya minyak kelapa lebih diutamakan untuk memijat yang lembut dan aman, karena mudah diserap oleh kulit. Tak cuma itu, minyak kelapa juga bermanfaat untuk melembutkan kulit secara keseluruhan.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini