nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ingin Rambut Tebal dan Berkilau? Coba Pakai Air Kecombrang

Demon Fajri, Jurnalis · Senin 30 Oktober 2017 17:47 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 10 30 481 1805198 ingin-rambut-tebal-dan-berkilau-coba-pakai-air-kecombrang-MpcIKFjEFq.jpg Ilustrasi

SELAIN bermanfaat sebagai obat penurun panas, pereda batuk dan luka robek, tanaman Kecombrang dapat juga dimanfaatkan untuk penyubur rambut. Dengan kata lain, sebagai pengganti sampo.

Masyarakat di Desa Pal VIII Kecamatan Bermani Ulu Raya Kabupaten Rejang Lebong, masih menggunakan kecombrang untuk penyubur rambut. Terkhusus, untuk bayi, batita dan balita yang pertumbuhan rambutnya lamban.

Peracikan batang kecombrang untuk sampo cukup sederhana. Batang Unji alias Kecombrang dipotong dengan ukuran 30 cm hingga 50 cm. Setelah dipotong, batang Unji dikelupas hingga menemukan umbut atau bagian muda batang Unji.

Lalu, umbut tersebut ditumbuk hingga tidak terlalu hancur. Kemudian, Unji yang ditumbuk tersebut diperas untuk mengambil air dari umbut tersebut. Untuk menghasilkan air Unji dari umbut cukup banyak. Batang yang dipotong cukup banyak. Sesuai dengan kebutuhan dalam penggunaan penyubur rambut.

Air yang telah dihasilkan tersebut langsung disiramkan ke kepala bayi, batita, balita atau orang dewasa. Pemberian tersebut dilakukan cukup rutin atau beberapa kali, sehingga menghasilkan rambut yang lebat atau rambut yang subur.

(Baca Juga: VIRAL! Anjing Ini Saja Punya Hobi Berpelukan, Masa Kamu Enggak?)

''Saat air diletakkan di kepala akan terasa dingin. Air Unji biasanya digunakan untuk penyubur rambut bayi yang rambutnya tumbuh masih jarang-jarang,'' ujar salah satu warga Dusun III Desa Pal VIII, Rita Wati (48), kepada Okezone. .

''Air unji untuk rambut masih digunakan. Dulunya air unji itu juga dijadikan pengganti sampo,'' sambung Nina, IRT Desa Pal VIII.

Manfaat Lain Bunga Kecombrang

Tak hanya bermanfaat untuk menjaga kesuburan rambut, Kecombrang juga bisa dipakai sebagai bahan bumbu penyedap berbagai masakan, baik itu santan maupun ditumis. Bunga Unji juga bisa menjadi lalap.

Bunga ini diyakini berkhasiat menambah nafsu makan. Saat dimasak pun bunga unji mengeluarkan aroma khas sehingga membuat selera menjadi bertambah.

(Baca Juga: Ternyata Selingkuh Diperbolehkan dalam Pernikahan! Begini Kata Ahlinya)

Cara menambah nafsu makan itu pun masih dilakukan masyarakat di Desa Pal VIII Kecamatan Bermani Ulu Raya, Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu. Masyarakat setempat percaya jika bunga tersebut membuat nafsu makan bertambah.

''Bunga unji bisa bermanfaat untuk penambah nafsu makan. Bunga Unji bisa dimasak santan, tumis atau menjadi lalap. Aroma khas dari bunga itu yang tentunya membuat nafsu makan menjadi bertambah,'' jelas Rita.

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini