Patut Bangga, 3 Penari Muda Berhasil Mengharumkan Indonesia di Kancah Internasional

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 31 Oktober 2017 07:30 WIB
https: img.okezone.com content 2017 10 31 196 1805443 patut-bangga-3-penari-muda-berhasil-mengharumkan-indonesia-di-kancah-internasional-nK0pU8vmNf.jpg Ditta, penari muda yang berprestasi internasional (Foto:Flickr)

KEKAYAAN budaya Indonesia memang patut dibanggakan. Selama ini budaya menjadi salah satu alat promosi terampuh untuk menarik perhatian masyarakat dunia. Berdasarkan survey yang dilakukan oleh Kementerian Pariwisata RI, selain keindahan alam, tujuan wisatawan mancanegara menyambangi Tanah Air adalah melihat keberagaman budaya Indonesia yang tersebar di berbagai daerah.

Salah satu produk budaya yang sangat menarik perhatian mereka adalah tarian tradisional. Seperti diketahui, setiap daerah di Indonesia memiliki tarian tradisional masing-masing, seperti tari piring (Sumatera Barat), tari saman (Aceh), tari topeng (DKI Jakarta), hingga tari jaipong (Jawa Barat).

BACA JUGA:

OKEZONE WEEK-END: Berkenalan dengan Arie Setya Yudha, Sosok Pemuda Inspiratif..

Nah, berbicara soal tari tradisional sepertinya tidak lengkap jika belum membahas prestasi penari muda berbakat Tanah Air. Beberapa di antaranya bahkan telah mengunjungi puluhan negara di dunia hanya untuk mempromosikan tari tradisional Indonesia. Dalam rangka Hari Sumpah Pemuda, berikut Okezone rangkumkan tiga cerita sukses penari muda Indonesia yang berhasil mengharumkan nama bangsa di kancah internasional. Seperti dilansir dari berbagai sumber.

Ditta Miranda Jasjfi

Ketertarikan Ditta Miranda Jasjfi pada dunia tari memang sudah terlihat sejak ia masih kecil. Pada umur 5 tahun, Ditta mulai mengenal balet dan sedikit mempelajarinya di kota Paris, Prancis. Kemudian ketika ia berumur 7 tahun, Ditta memutuskan untuk kembali ke Indonesia dan mendalami berbagai macam tarian daerah mencakup Bali, Jawa, Sulawesi, hingga Sumatera. Menginjak umur 21 tahun, Ditta memutuskan untuk mengambil studi di Jerman setelah sempat menghabiskan sekitar 3 tahun mempelajari Sastra Jepang di Universitas Nasional. Di Jerman, ia berhasil mewujudkan impiannya dengan menyelenggarakan pertunjukkan solo bertajuk “Ditta Miranda Jasfji: Sebuah Perjalanan Tari”. Penampilannya mendapatkan banyak apresiasi dari berbagai pihak.

Bathara Saverigadi

 

Prestasi gemilang juga diraih oleh seorang penari muda berbakat asal Bantul, Yogyakarta. Saat masih duduk dibangku kelas 2 SMA, Bathara Saverigadi berhasil memukau pencinta tari dari dalam negeri maupun mancanegara setelah membuat repertoar tari bertajuk “Gama Gandrung”. Persembahan tari tradisional ini berlatar belakang tari Gandrung khas Banyuwangi. Reputasinya di dunia seni tari juga sempat membawa Bathara menunjukkan talentanya di kancah internasional. Ia pernah dipercaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI untuk membawa misi kesenian ke India pada tahun 2008.

BACA JUGA:

Orang-Orang Besar dan Ternama yang Meninggal Dunia di Usia Muda

Rosmala Sari Dewi

 

Wanita asal Depok, Jawa Barat ini termasuk salah satu penari muda yang berhasil mengharumkan nama Indonesia di duna internasional. Beberapa waktu lalu, Rosmala dinobatkan sebagai juara pertama dalam event International Dancing Catalonia, Lioret De Mar di Spanyol. Rosmala memang udah sering meraih juara di kancah Internasional. Selama ini, Rosmala dikenal sebagai si Ronggeng karena kepiawaiannya menari ronggeng dan jaipong. Tari khas Sunda itulah yang membawanya melanglang buana dari festival ke festival di berbagai negara. Berdasarkan data yang dihimpun Okezone, Rosmala telah menjelajah lebih dari 35 negara.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini