nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Berikut 5 Makanan yang Harus Hindari di Restoran, Nomer 5 Bener Banget!

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 31 Oktober 2017 10:10 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 10 31 298 1805534 berikut-5-makanan-yang-harus-hindari-di-restoran-nomer-5-bener-banget-EsHCz76tN4.jpg Konsumsi Kerang (Foto: Bussinesinsider)

MENGUNJUNGI restoran merupakan salah satu cara terbaik jika Anda ingin menyantap hidangan lezat dan berkualitas. Kendati demikian, ada beberapa menu makanan yang sebaiknya Anda hindari ketika mengunjungi suatu restoran.

Dilansir dari Insider, Selasa (31/10/2017), beberapa chef ternama dunia mengungkapkan beberapa jenis makanan yang menurut mereka tidak layak untuk dipesan. Beberapa di antaranya karena dibanderol dengan harga yang sangat mahal, namun ada pula makanan yang diolah menggunakan bahan-bahan tidak berkualitas. Berikut ulasan lengkapnya.

Well-done steak

Menurut James Briscione, selaku Director of Culinary Research di Insitute of Culinary Education, para chef profesional sangat 'membenci' atau tidak mengapresiasi daging yang dimasak well-done. Kecuali pengunjung memiliki alasan spesifik seperti lansia, sedang hamil, dan beberapa alasan lainnya.

"Secara umum, makanan well-done kurang diperhatikan. Sehingga mereka cenderung menggunakan potongan daging berkualitas rendah (tipis dan rendah) untuk dimasak well done," tuturnya.

Minyak truffle

Minyak truffle biasanya tidak diolah dengan truffle asli, namun menggunakan beberapa bahan kimia yang memiliki aroma dan cita rasa seperti bahan makanan tersebut.

"Jangan pernah memesan makanan yang menggunakan minyak truffle. Kemungkinan besar para chef menggunakan minyak imitasi yang dipercikkan ke dalam masakan. Harganya pun cenderung tinggi," jelas Chef Briscione.

Kerang

"Aku tidak pernah memesan kerang saat mengunjungi restoran. Aku tahu sebagian orang sangat menyukai makanan ini, aku tahu bagaimana kerang disimpan dan diolah. Namun, jika salah satu kerang menyuguhkan rasa buruk, hal tersebut akan berpengaruh pada keseluruhan hidangan," tutur Marry Dumont, Chef dan Pemilik Cultivar di Boston.

Tidak hanya Marry, dalam bukunya, Anthony Bourdain juga mengatakan bahwa ia hanya memesan kerang jika hidangan tersebut diolah langsung oleh seorang chef proffesional.

Burger "fancy"

Burger yang disajikan dengan potongan daging sapi wagyu, kemudian disajikan dengan foie gras, dan beberapa bahan premium lainnya memang terlihat menggoda. Namun, ada beberapa hal penting yang harus Anda ketahui sebelum memesannya.

“Tidak ada alasan untuk membayar Rp270 ribu hanya untuk sepotong burger. Jika para chef menumpukkan bahan-bahan premium pada olahan burger, itu hanya a. Burger terbaik dibuat dari potongan daging yang keras seperti bagian tulang rusuk dan sandung lamur. Membuat burger dengan daging mahal adalah hal yang percuma,” tegas Briscione.

Seafood special

Olahan seafood khususnya ikan, harus dihindari ketika Anda mengunjungi pada hari Senin. Mengapa? Hal ini disebabkan karena pasar ikan biasanya tutup pada akhir pekan, dan untuk kesegaran bahan makanan tersebut ternyata hanya mampu bertahan selama tiga hari. Dalam arti lain, jika Anda memutuskan untuk memesan sajian ikan pada hari Senin, Anda mungkin saja mendapatkan daging ikan yang sudah tidak segar lagi atau bahkan sudah basi.

“Seafood special adalah makanan yang sangat rumit. Makanan ini bisa menjadi hidangan yang paling segar dan lezat, namun di beberapa restoran, bahan yang digunakan cenderung berkualitas rendah karena mereka hanya ingin membersihkan lemari es,” tutur Silvia Barban, Executive Chef di Aita and LaRina.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini