nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

FOOD STORY: Sensasi Mencicip Naniura, Sashimi ala Masyarakat Batak yang Rasanya Unik & Nendang

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Rabu 01 November 2017 06:35 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 10 31 298 1805916 food-story-sensasi-mencicip-naniura-sashimi-ala-masyarakat-batak-yang-rasanya-unik-nendang-cIj7TcFvjO.jpg Naniura, sushinya orang Batak (Foto:Rahung)

JIKA masyarakat Jepang punya sashimi yang menyugukan ikan mentah, maka Indonesia juga punya hidangan ikan mentah yang tak kalah nikmatnya. Tepatnya di Toba Samosir, Sumatera Utara ada hidangan bernama naniura yang merupakan suguhan ikan mentah berbumbu.

Jangan dulu membayangkan ikan salmon atau ikan tuna, karena hidangan ikan mentah asal Samosir ini terbuat dari ikan mas, ikan nila atau ikan mujair. Penasaran? Hidangan ini dikenal dengan sebutan naniura. Olahan khas yang jadi kebanggan masyarakat Toba Samosir dan beberapa daerah di Medan.

 BACA JUGA:

Uji Nyali, Mahasiswa Ini Coba Santap 100 Burger Ayam dalam Sehari!

Naniura awalnya dibuat menggunakan ikan mas yang langsung ditangkap dari danau Toba, namun karena durinya yang sangat banyak, kemudian masyarakat membuatnya dengan menggunakan ikan nila dan ikan mujair yang durinya lebih bisa ditoleransi. Untuk membuat naniura ini tidaklah sulit karena sama sekali tidak membutuhkan proses pemasakan sama sekali.

Awalnya, ikan yang sudah dibersihkan bagian dalam perutnya kemudian dicuci dan dibersihkan sisiknya. Setelah ikan bersih maka selanjutnya ikan dibaluri dengan bumbu racikan khas.

Bumbu ini terdiri dari bawang batak, bawang putih, kunyit, cabai, andaliman dan asam cikala. Semua bagian ikan dilumuri bumbu kemudian didiamkan selama beberapa jam agar bumbu meresap dan “memasak” ikan.

Nani, masyarakat asli Batak yang juga seorang pemandu wisata menjelaskan lebih dalam soal naniura. Proses pemasakan dilakukan oleh bumbu terutama penggunaan asam cikala yang cukup banyak jumlahnya.

“Asam itu mematangkan ikan jadi ikan matang karena asam khas itu,” kata Nani.

BACA JUGA:

Kisah Sembikiya Fruit Parlor di Jepang, Toko Buah Termahal di Dunia

Merasa penasaran, Okezone kemudian mencicipi suguhan ikan ini. Rasa pertama yang menghampiri lidah Okezone adalah rasa berbumbu dan asam yang sangat kuat. Menyantap ikan ini langsung memang agak getir terasa, lebih mantap dimakan bersama nasi putih. Namun karena tidak biasa, orang yang baru mencicipi naniura akan merasakan sensasi baas atau mati rasa sesaat pada lidahnya.

Tekstur ikan terasa kenyal dengan daging yang masih berwarna putih transparan, namun tidak sedikitpun terasa amis atau rasa mentah ikan yang tidak dimasak. Naniura paling cocok disantap bersama nasi putih ataupun seporsi mi gomak yang tak kalah lezatnya. Jika berkesempatan menyambangi Toba Samosir jangan lupa mencicipi nikmatnya naniura.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini