nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Toge Goreng Bogor Ternyata adalah Kuliner Legendaris!

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Selasa 31 Oktober 2017 20:12 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 10 31 298 1806010 toge-goreng-bogor-ternyata-adalah-kuliner-legendaris-9L8i9imW1Z.jpg Taoge Goreng (Foto: IST)

PENJUAL toge goreng saat ini memang sudah tidak terlalu banyak lagi karena tergerus dengan kuliner kekinian yang lebih diburu. Padahal kuliner asal kota hujan ini termasuk kuliner legendaris yang sudah ada sejak ratusan tahun lalu.

Hidangan khas Bogor ini termasuk kuliner yang cukup tua. Meskipun tidak ada data tertulis kapan tepatnya toge goreng ditemukan dan mulai disajikan tetapi bisa dipastikan kulinari ini sudah ada sejak ratusan tahun lalu.

BACA JUGA:

Seperti tertulis dalam buku 80 Warisan Kuliner Nusantara yang ditulis oleh Semijati Purwadaria, makanan ini terdiri dari berbagai komposisi mulai dari mi, toge, tahu dan disajikan dengan guyuran saus khas. Saus ini terbuat dari campuran oncom, tauco dan kecap manis. Masyarakat banyak menyebut kuliner ini dengan sebutan geco yang merupakan singkatan dari toge dan tauco.

Selain campurannya yang menarik, toge goreng khas Bogor ini juga dijajakan dengan cara yang unik. Penjual menyediakan baki kaleng berbentuk bulat berdiameter 30-35 cm. Baki ini kemudian ditaruh di atas tungku dengan bahan bakar kayu bakar. Dalam baki ini diisi air untuk merebus toge dan mi.

Saat ada pembeli, penjual akan merebus mi dan toge, mengaduknya perlahan hingga matang kemudian baru disajikan dengan bahan lainnya. Beberapa orang menyantap toge goreng dengan ketupat. Saat semua bahan sudah siap di atas piring, saatnya menyiram dengan saus berwarna kecoklatan yang biasa disimpan dalam wadah tanah liat.

Hidangan ini memiliki padu padan rasa yang khas. Kombinasi rasa asin, manis dan pedas pecah menjadi satu dalam mulut. Meskipun tidak mendapatkan tambahan sambal, rasa saus tauco sudah agak pedas. Tapi bagi pencinta kuliner pedas harus menambahkan sambal supaya rasanyalebih nendang.

Dahulu, toge goreng yang dibeli untuk dibawa pulang akan dibungkus dengan daun patat. Daun ini sangat khas, bentuknya elips dengan bagian tengah yang melebar. Tulang daun ini kekar dan cukup besar. Dahulu daun patat dijadikan pembungkus alami untuk membungkus bumbu dapur dan sayuran.

BACA JUGA:

Selain lebar, daun ini juga tebal sehingga tidak mudah robek dan menumpahkan kuah toge goreng. Selain itu secara alami, daun ini juga menjaga toge goreng tetap hangat. Kini daun patat sudah tidak digunakan lagi karena keberadaannya yang semakin sulit ditemukan serta orang lebih memilih menggunakan plastik untuk membuatnya lebih praktis dan efisien.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini