nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Makanan Unik dari Korea Selatan, yang Mungkin Song Joong Ki & Song Hye Kyo Santap

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 01 November 2017 08:21 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 11 01 298 1806231 5-makanan-unik-dari-korea-selatan-yang-mungkin-song-joong-ki-song-hye-kyo-santap-BrcBwyJbPB.jpg Makanan Unik Korea (Foto: Koreaboo)

MAKANAN adalah salah satu produk kebudayaan dan adat-istiadat dari suatu bangsa, maka dari itu setiap negara pasti memiliki sederet makanan khas.

Di antara sederet makanan khas dari suatu negara, terselip juga berbagai jenis makanan unik, yang di mana bisa dibilang hanya disantap oleh para penduduk negeri tersebut. Seperti misalnya deretan 5 makanan unik asal Korea Selatan ini. Apa saja? Baca dulu yuk ringkasannya di bawah ini.

Baca juga:

1. Perilla leaves (kkaetnip)

Daun perilla yang hadir dengan bau aromatik dan tekstur berbulu, mungkin didapati oleh yang bukan orang Korea, adalah sebagai salah satu bahan makanan yang aneh dan asing. Namun, bagi orang Korea sendiri, daun perilla ini banyak digunakan di banyak jenis hidangan makanan Korea bahkan kerap disajikan sebagai side dish, alias lauk pendamping. Karena memiliki aroma khas, banyak orang yang menganggap daun satu ini tidak jauh berbeda dengan ketumbar.

2. Acorn jelly (dotori muk)

Makanan gelatin sejatinya memang populer di benua Asia, tapi disebutkan mungkin hanya orang Korea lah yang membuat hidangan jelly dari bubuk acorn. Bagi banyak orang di berbagai penjuru dunia lainnya, acorn lekat dengan imej sebagai makanan hewan tupai, akan tetapi di Korea Selatan sendiri makanan ini banyak jadi favorit banyak orang dan sering dihidangkan sebagai makanan pendamping yang dimarinasi campuran soy sauce.

3. Stalked sea squirt (mideodeok)

Menu satu ini diketahui adalah sebagai salah satu hidangan makanan laut favorit pecinta seafood di Korea. Disebutkan juga, bahwa tidak ada negara lain di dunia ini yang menyajikan stalked sea squirt sebagai makanan. Stalked sea squirt sendiri hadir dengan kandungan protein yang tinggi, dikenal bisa mengurangi resiko tekanan darah tinggi, dan melancarkan peredaran darah.

4. Moon snail (golbaengi)

Selain di Korea Selatan, hidangan unik ini juga dapat disantap di Jepang dan Perancis, namun memang tingkat konsumsi paling tinggi akan hidangan ini berada di Korea Selatan. Saking tenarnya makanan ini, bahkan persediaan moon snail di Korea tidak lagi dapat mencukupi tingginya permintaan pasar sehingga Korea Selatan pun harus mengimpor pasokan moon snail dari Inggris dan Irlandia. Di Korea Selatan, moon snail biasnaya dihidangkan dalam sajian salad pedas dengan timun, wortel, daun bawang, dan bawang merah.

Soy-marinated raw crab

Banyak negara lain yang juga punya hidangan kepiting yang dimarinasi dengan bumbu, namun hanya Korea Selatan lah yang memiliki hidangan kepiting mentah yang dimarinasi dengan bumbu soy sauce. Dengan cita rasa yang unik, serta tekstur keseluruhan yang tidak biasa, maka tidak heran hidangan satu ini sedang melejit ketenarannya di negara-negara lain di luar Korea Selatan. Demikian seperti disitat Koreaboo, Selasa (31/10/2017).

1
6

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini