nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mengenal Kopi Lintong, Buah Tangan Khas Danau Toba

Agregasi Antara, Jurnalis · Rabu 01 November 2017 13:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 11 01 298 1806398 mengenal-kopi-lintong-buah-tangan-khas-danau-toba-0eP3kDIKJc.jpg (Foto: Antara)

TARUTUNG - Kopi Lintong yang memang sudah terkenal cita rasanya, menjadi salah satu buah tangan yang dicari-cari untuk dibawa pulang saat wisatawan berkunjung ke kawasan Danau Toba di Sumatera Utara.

Manajer Pemasaran Sumatera Lintong Coffee, Reynold Ando Hasibuan, Rabu (1/11/2017), mengatakan, berbicara kegiatan wisata, tidak akan terlepas dari buah tangan atau oleh-oleh khas yang akan menjadi pengingat kerinduan untuk kembali mengunjungi Danau Toba.

Nah, untuk itu, kemasan Sumatera Lintong "Coffee" yang bisa dengan mudah didapatkan di sejumlah kafetaria bandara, akan menjadi pilihan yang tepat.

Kopi Lintong dikemas beragam oleh badan koperasi petani. Seperti arabika grade-1 (premium) dan wild luwak coffee, yang layak dijadikan buah tangan oleh wisatawan pecinta dan penikmat kopi.

Sementara dari sisi rasa, kopi Lintong dikenal memiliki rasa yang kental namun tetap lembut. Selain itu aromanya juga wangi dan rasa asamnya khas.

"Kehadiran produk lokal yang disiapkan tersebut merupakan bentuk harapan akan dampak positif pengembangan wisata Danau Toba terhadap peningkatan potensi sumber daya alam lokal demi kesejahteraan bersama," katanya.

(Baca Juga: VIRAL! Perempuan Berusia 51 Tahun Ini Lakukan Hal Memalukan dan Bikin Ruang Operasi Heboh)

Ia juga menyampaikan menikmati keindahan panorama alam Danau Toba tidak lengkap tanpa menyeruput seduhan kopi Lintong, produk olahan petani dari Kecamatan Lintongnihuta, Kabupaten Humbang Hasundutan, yang esensi kenikmatannya telah mendunia.

(Baca Juga: Misteri Bukit 100.000 Salib, Tak Mempan Dihancurkan Tentara Soviet)

"Keindahan panorama Danau Toba tidak akan lengkap sebelum menyeruput seduhan kopi Lintong," katanya.

Kenikmatan hasil seduhan kopi yang diolah dari biji tanaman kopi yang ditanami petani di dataran tinggi Lintongnihuta, daerah yang berada diketinggian 1.400 mdpl, persis merupakan bagian dari lingkar luar danau toba, merupakan esensi kemurnian biji kopi terbaik.

(Baca Juga: 6 Potret Romantis Pernikahan Song Joong Ki & Song Hye Kyo, Bikin Baper Tiada Berkesudahan!)

"Kenikmatan kopi Lintong akan melengkapi agenda kunjungan berwisata ke Danau Toba. Sebab, selain berhasil memanjakan mata dan pikiran lewat sajian keindahan panorama alam, dan wisata tirta yang sedang dipermak menjadi Monako-nya Asia, seruputan kopi jelas menambah kesan wah-nya," katanya.

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini