Mau Meeting dengan Bos & Klien? Hindari 5 Makanan Penyebab Bau Mulut Ini

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 02 November 2017 06:30 WIB
https: img.okezone.com content 2017 11 01 298 1806510 mau-meeting-dengan-bos-klien-hindari-5-makanan-penyebab-bau-mulut-ini-DsylA7XUQp.jpg Kopi minuman penyebab bau mulut (Foto:Vicco)

 

BAYANGKAN jika Anda harus bertemu atau meeting dengan seseorang, namun tanpa disadari mulut Anda mengeluarkan aroma tak sedap karena baru saja mengonsumsi makanan tertentu. Jika tidak cepat dihilangkan, bau mulut tersebut tentunya akan mengganggu lawan bicara Anda dan menciptakan suasana tak nyaman.

Dilansir dari NDTV, Kamis (2/11/2017), berikut Okezone rangkumkan 5 jenis makanan yang harus Anda hindari karena dapat menimbulkan aroma tak sedap. Jangan khawatir, Anda masih dapat menikmatinya namun ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan.

BACA JUGA:

5 Orang Ini Punya Kebiasaan Makan Barang Aneh, Nomor 4 Paling Eggak Masuk Akal!

Bawang putih

 

Meskipun bawang putih memiliki banyak manfaat kesehatan, bumbu dapur ini sudah lama dikenal sebagai salah satu penyebab bau mulut. Hal ini disebabkan karena tingginya kandungan sulfur yang ada pada bawang putih. Zat ini biasanya akan bertahan lama di dalam mulut dan menciptakan bau tak sedap seperti bau belerang. Bau tersebut kemudian akan terserap dalam aliran darah kemudian masuk ke dalam paru-paru, lalu dikeluarkan kembali saat Anda bernafas.

Bawang bombay

Sama seperti bawang putih, bau bawang bombay dapat bertahan lama di dalam mulut setelah Anda selesai memakannya. Senyawa sulfur yang ada di bawang bombay biasanya akan di serap oleh aliran darah, dan akan mengeluarkan aroma tak sedap ketika Anda menghembuskan nafas. Jika memungkinkan, segera bersihkan dan bilas mulut Anda secara menyeluruh setelah mengonsumsi bawang bombay.

Kopi

Tidak bisa hidup tanpa kopi? Anda mungkin harus mendengarkan fakta yang satu ini. Kopi merupakan dehidrator alami yang dapat membuat mulut Anda kering, sehingga menciptakan ‘lingkungan’ yang menguntungkan bagi pertumbuhan bakteri mulut. Efek dari dehidrasi ini juga akan mengurangi suplai air liur pada mulut yang berfungsi membunuh bakteri. Jika dibiarkan, bakteri-bakteri tersebutlah yang akan menyebabkan aroma tak sedap pada mulut. Oleh karena itu, biasakan minum air putih setelah Anda mengonsumsi secangkir kopi.

BACA JUGA:

Mengenal Kopi Lintong, Buah Tangan Khas Danau Toba

Tuna

Sudah menjadi rahasia umum bahwa ikan tuna merupakan salah satu sumber protein yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Kendati demikian, makanan laut ini juga bisa bereaksi dengan asam yang ada di mulut sehingga menimbulkan bau. Untuk menghindari hal tersebut, Anda bisa mengonsumsi permen atau tablet mint setelah memakan beberapa potong ikan tuna. Permen ini dapat mencegah keluarnya bau tak sedap yang teroksidasi di dalam mulut.

Susu

 

Mengonsumsi segelas susu setiap hari dipercaya sangat bermanfaat bagi kesehatan. Kendati demikian, susu juga dapat meninggalkan efek negatif seperti bau mulut yang tidak sedap. Hal ini disebabkan oleh kandungan asam amino pada susu yang bercampur dengan bakteri alami di sekitar lidah. Asam amino inilah yang menyebabkan bau busuk pada mulut. Nah, jika Anda ingin mengonsumsi susu, minumlah dua gelas air putih untuk melarutkan asam amino tersebut.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini