nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Mitos Seputar Roti Sering Dipercaya Masyarakat, Benar atau Salah?

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Kamis 02 November 2017 07:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 11 01 298 1806556 5-mitos-seputar-roti-sering-dipercaya-masyarakat-benar-atau-salah-7YxZtsQxIY.jpg Mitos seputar roti (Foto:Ist)

ROTI hampir menjadi menu makanan yang diandalkan saat perut tiba-tiba protes lapar namun tidak ada hidangan yang bisa disantap. Roti bisa diandalkan untuk mengganjal perut, namun ada mitos dibalik praktisnya menyantap roti.

Dilansir dari AllRecipe, Kamis (2/11/2017) berikut 5 mitos seputar roti yang sering dipercaya masyarakat. Deretan mitos ini belum tentu kebenarannya namun kadang sangat dipercaya oleh banyak orang.

BACA JUGA:

5 Orang Ini Punya Kebiasaan Makan Barang Aneh, Nomor 4 Paling Eggak Masuk Akal!

Roti gandum tidak lebih bergizi dibandingkan roti biasa

Banyak toko roti menjual beberapa varian roti berdasarkan bahan bakunya. Misalnya roti dengan gandum utuh dan roti dengan tepung gandum biasa. Keduanya ternyata sama saja, terlebih soal kandungan nutrisi. Bahkan menurut penelitian ilmiah, roti dengan tepung biasa bahkan lebih baik nutrisinya dibandingkan roti gandum utuh.

Pengaruh jenis air

Banyak koki roti menganggap penggunaan sumber air yang berbeda akan mempengaruhi hasil roti yang berbeda. Padahal menurut penelitian, penggunaan air sebagai campuran bahan baku roti sama sekali tidak memberikan pengaruh. Anda menggunakan air mineral, air hasil suling atau bahkan air kolam renang sama sekali tidak mempengaruhi hasil dan kualitas roti. Pun demikian dengan rasanya.

 

Pizza oven vs pizza kayu bakar

Kabar baik jika Anda tidak memiliki oven listrik, karena kenyataannya pizza yang dipanggang menggunakan kayu bakar terasa lebih lezat. Anda tidak membutuhkan oven listrik super canggih, cukup manfaatkan oven tradisional yang Anda miliki. Semakin tradisional maka rasa roti akan semakin nikmat. Percayalah!

BACA JUGA:

5 Makanan Unik dari Korea Selatan, yang Mungkin Song Joong Ki & Song Hye Kyo Santap

Roti gluten free punya rasa yang lezat

Gluten adalah salah satu bahan yang penting diandalkan untuk membuat roti namun kenyataannya roti bebas gluten punya rasa yang tak kalah lezatnya lho. Berbagai umbi bisa dibuat menjadi bahan baku tepung yang bisa dimanfaatkan untuk pembuatan roti. Ternyata roti tanpa gluten ini punya rasa yang lebih lezat.

Roti gandum rye tidak melulu benar

Rye adalah gandum hitam yang dikenal di dunia sebagai gandum terbaik terutama di Jerman. Namun kenyataannya, komposisi roti gandum dengan rye terbukti sangat sedikit penggunaannya. Banyak toko roti yang berlaku curang bahkan sama sekali tidak menggunakan gandum rye namun memasang label menggunakan tepung gandum rye. Jadilah konsumen yang cerdas.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini