7 Proses Singkat Bikin Teh dengan Metode Cold Brew, Rasanya Lebih Mantap!

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 02 November 2017 09:26 WIB
https: img.okezone.com content 2017 11 02 298 1806973 7-proses-singkat-bikin-teh-dengan-metode-cold-brew-rasanya-lebih-mantap-xST3Pzn3Cp.jpg Cold Brew Tea (Foto: Pinterest)

Mungkin Anda kerap meminum kopi dengan proses cold brew belakangan ini. Rupanya, teh juga bisa dibuat dengan proses yang sama dan kenikmatannya tak tergantikan.

Metode pembuatan kopi dan teh kini mulai mengarah ke cold brew. Minum teh ini sangat nikmat karena disajikan dingin, dengan proses yang juga tidak menggunakan air hangat sama sekali.

Anda juga pasti selalu minum teh yang diseduh dengan air hangat. Lalu, kalau ingin minum segelas es teh tinggal menambahkan es batu.

Padahal cara tersebut dapat mengurangi citarasa teh dan pahit, sedikit wangi dan manis rasanya. Agar tetap menyatu dan nikmat, mari coba membuat teh dengan metode cold brew yang unik.

Kalau Anda menggunakan metode ini, rasa tehnya benar-benar mantap. Di lidah rasanya tetap sempurna meski menggunakan proses serba dingin.

Metode ini sangat sederhana, Anda hanya mengombinasikan daun teh atau kantong teh utuh ke air dalam. Lalu disimpan dalam kendi dan biarkan teh meresapkan air selama 6 sampai 12 jam di lemari es.

Setelah itu, minum teh dingin akan sangat nikmat dan tak biasa. Meski minuman ini disimpan berhari-hari, tidak mengurangi citarasanya.

Disarankan agar Anda memilih menggunakan daun teh alami untuk mendapatkan hasil terbaik. Pilih daun teh alami seperti green tea, mint tea, sunflower tea, dan masih banyak jenis teh lain yang nikmat diminum dingin.

Dilansir Cookieandkate, Kamis (2/11/2017), adapun bahan yang dibutuhkan untuk membuat teh yaitu:

  • 1 kantung teh atau 1 sendok daun teh murni
  • Air matang secukupnya
  • Irisan lemon
  • Irisan mentimun
  • Irisan strawberry
  • Daun mint

Cara membuat:

1. Untuk rasa terbaik, jika Anda menggunakan kantung teh, gunting dulu sudut bungkus kantung dan biarkan teh menyebar ke dalam air.

2. Siapkan kendi yang sudah diisi air matang tapi dengan suhu normal. Lalu tuangkan teh ke dalamnya.

3. Setelah teh tampak masuk semua dan menyebar ke bagian kendi, masukkan irisan lemon, mentimun, strawberry dan daun mint sesuai selera.

4. Saat semua bahan sudah masuk ke dalam kendi, simpan di dalam kulkas kurang lebih selama 6-8 jam untuk teh putih, teh hitam atau oolong simpan sekira 8-12 jam.

5. Begitu sudah disimpan, saring teh saat menuangkan air teh dari kendi. Gunakan saringan yang halus supaya airnya murni tanpa ampas.

6. Letakkan ke dalam botol kaca supaya awet disimpan berhari-hari. Setelah itu, minum teh yang baru diproses selagi dingin.

7. Akhirnya, buang kantung teh yang sudah dipakai. Anda kini bisa menikmati teh dengan metode cold brew yang unik dengan citarasa, manis dan asam karena tambahan buah-buahan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini