nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Restoran Berbintang Michelin ini Larang Pengunjungnya Mengambil Gambar Makanan

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 02 November 2017 17:18 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 11 02 298 1807283 restoran-berbintang-michelin-ini-larang-pengunjungnya-mengambil-gambar-makanan-6HYi2nbet6.jpg

TREN Kids zaman now pasti tidak akan melewatkan take a pic sebelum memakan makanan yang dipesannya di restoran kekinian. Seperti momen yang sulit didapatkan atau sekadar informasi, "saya sudah coba, Anda kapan?". 

Tapi, kebiasaan tersebut tidak bisa Anda lakukan di Restoran Waterside Inn di Bray, Berkshire, Inggris. Pasalnya, restoran dengan tiga bintang Michelin ini melarang dengan tegas tamunya yang mengambil foto makanan. Padahal harga bersantap di sini terbilang mahal yaitu sekitar 167.50 euro (Rp 2,6 juta) untuk 6-course menu tanpa minuman.

"Saya benar-benar kesal pada pengunjung yang memotret makanan sebelum mereka menyantapnya. Kami telah memasang tanda peringatan di pintu dengan tulisan: 'Tolong, tidak mengambil gambar!," kata Michel Roux yang mendirikan restoran tersebut bersama saudaranya, Albert.

Kekesalan Roux membuat dia bertanya pada diri sendiri untuk apa para pengunjung memotret makanan sebelum menyantapnya. Padahal foto tidak bisa menggambarkan bagaimana rasa makanan tersebut.

"Apa yang sebetulnya mereka lakukan? Oke kalau memang alasannya karena makanan yang tersaji memang terbilang unik atau tidak biasa. Tapi, apakah rasa dari makanan tersebut bisa tersampaikan hanya dengan foto?” katanya kepada Daily Mail, seperti dikutip dari The Time, Kamis (2/11/2017). Roux menambahkan, sebuah gambar di ponsel tidak bisa menginterpretasi rasa.

Sedikit informasi, restoran ini sekarang dikelola oleh putra Roux, Alain. Putra Albert, Michel Roux Jr, adalah chef-patron di restoran keluarga lainnya, Le Gavroche.

Waterside Inn telah memegang tiga bintang Michelin sejak 1985. Empat restoran lainnya saat ini memiliki tiga bintang yang didambakan yaitu: Fat Duck Heston Blumenthal di Bray; Alain Ducasse at the Dorchester; Restoran Gordon Ramsay di Chelsea; dan pendatang baru Araki, restoran sushi London dengan hanya sembilan kursi.

BACA JUGA:

Jelmaan Superhero, Hijaber Ini Selamatkan Pria Terbakar dengan Baju Abaya

7 Proses Singkat Bikin Teh dengan Metode Cold Brew, Rasanya Lebih Mantap!

Orangtua Sibuk, Bocah SD Sewa Wanita Lain untuk Jadi Orangtuanya

Jadi Milenial Mom, Barbie Ternyata Juga Melahirkan Loh! Yuk Intip Prosesnya

Seorang juru bicara Araki mengatakan, restoran ini tidak membatasi siapa saja yang ingin memotret. “Yang kami minta adalah agar orang yang memotret tidak menggunakan flash," katanya.

Laporan tren makanan yang dikeluarkan tahun lalu oleh Waitrose menemukan bahwa sepertiga dari mereka yang berusia 18 hingga 34 orang secara rutin mengunggah foto makanan mereka di media sosial.

Alexandre Gauthier, koki di restoran Grenouillere di dekat Calais mengatakan bahwa para pengunjung menghabiskan waktu begitu lama untuk mendapatkan foto yang sempurna sehingga makanan mereka menjadi dingin. "Ada tren, sebelum menyantap makanan, tamu akan foto bersama dulu. Setelah itu memotret makanannya dan momen ini yang biasanya menyita banyak waktu. Foto harus sempurna,” keluhnya.

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini