nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kabar Gembira, Konsumsi Kedelai Bisa Bantu Lawan Kanker Payudara!

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Kamis 02 November 2017 13:57 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 11 02 481 1807091 kabar-gembira-konsumsi-kedelai-bisa-bantu-lawan-kanker-payudara-0JwPRBoeTD.jpg Ilustrasi (Foto: Medicalnewstoday)

SENYAWA yang ditemukan dalam produk makanan kedelai dapat membantu menekan perkembangan kanker payudara. Hal ini dapat membuka jalan bagi terapi baru untuk mencegah penyakit kanker payudara.

Periset di Universitas Arizona Amerika Serikat menyarankan genistein-komponen makanan kedelain-dapat melindungi (BRCA1, sebuah gen yang memainkan peran penting dalam menggagalkan pengembangan tumor di jaringan payudara.

BRCA1 adalah gen penekan tumor. Saat bekerja normal, membantu menjaga DNA stabil, melindungi terhadap penyakit genetik seperti kanker. Ketika BRCA1 tidak normal, pertahanan tubuh terhadap kanker payudara terganggu, kata periset.

Sebagian kecil kanker payudara disebabkan oleh mutasi pada BRCA1, banyak pasien kanker payudara lainnya memiliki salinan normal, namun gen tersebut telah dimetilasi- dibungkus dengan untaian molekul berbasis karbon yang membuat mereka tidak terbaca.

Gen BRCA1 ''dibungkam'' dengan cara ini tidak dapat melakukan tugasnya sebagai penekan tumor. Satu reseptor, reseptor hidrokarbon aromatik (AhR), membungkam BRCA1, memicu riam efek yang tidak diinginkan.

Ketika BRCA1 tidak dapat menjalankan tugasnya sebagai penekan tumor, sel-sel kanker dapat berkembang biak, kata periset. Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Current Development in Nutrition menemukan, AhR dapat ditargetkan oleh genistein.

Tim berharap penemuan ini akan mengarah pada terapi berbasis genistein yang dapat menghambat tindakan berbahaya AhR. Satu senjata yang bisa digunakan untuk menargetkan AhR ditemukan dalam kedelai, kacang polong yang dikemas protein, merupakan sumber utama senyawa isoflavon.

"Konsumsi asupan kedelai seumur hidup pada wanita telah dikaitkan dengan penurunan risiko kanker payudara. Genistein adalah isoflavon yang dominan ditemukan di kedelai dan sebenarnya dapat menghambat metilasi DNA," tutur Donato F Romagnolo, profesor di Universitas Arizona.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini