nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ingin Konsumsi Makanan Kemasan? Perhatikan 3 Hal Ini agar Tubuh Tetap Sehat

Tiara Putri, Jurnalis · Kamis 02 November 2017 18:49 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 11 02 481 1807341 ingin-konsumsi-makanan-kemasan-perhatikan-3-hal-ini-agar-tubuh-tetap-sehat-OYYtTYw2et.jpg Ilustrasi (Foto: Thehealthsite)

ANGKA kasus kematian akibat penyakit tidak menular terus meningkat. Sebut saja seperti penyakit kanker, kardiovaskular, hingga diabetes mellitus yang seringkali menjadi penyebab utama kematian seseorang. Terlebih sekarang ini banyak orang yang bergaya hidup sedentari di mana lebih sering duduk sepanjang hari dan kurang melakukan aktivitas fisik.

“Berdasarkan data di tahun 2015, sebanyak 26,1% orang di atas usia 10 tahun kurang melakukan aktivitas. Padahal rekomendasinya adalah, setiap 30 menit duduk, paling tidak 3-5 menit harus berdiri dan berjalan sedikit. Hal itu berfungsi agar aliran darah di tubuh tetap lancar,” ungkap ahli nutrisi, dr Juwalita Surapsari, M.Gizi,SpGK saat ditemui dalam acara Media Visit Nutricia & Sarihusada, Kamis (2/11/2017) di Auditorium Gedung Sindo, Jakarta Pusat.

(Baca Juga: Orangtua Sibuk, Bocah SD Sewa Wanita Lain untuk Jadi Orangtuanya)

Ditambahkan oleh dr Juwalita, selain perilaku sedentari, kebiasaan orang kantoran adalah memakan camilan yang tidak sehat seperti gorengan, keripik, atau makanan dalam kemasan. “Konsumsi gorengan itu tidak baik untuk kesehatan karena kalorinya tinggi. Satu gorengan itu mengandung 150 kalori. Sedangkan kebanyakan orang tidak cukup bila hanya makan satu gorengan saja. Bayangkan berapa banyak kalori yang dikonsumsi jika makan tiga gorengan,” tuturnya.

(Baca Juga: Jadi Milenial Mom, Barbie Ternyata Juga Melahirkan Loh! Yuk Intip Prosesnya)

Selain itu, kebiasaan mengonsumsi makanan kemasan juga harus diperhatikan. Menurut dr Juwalita, makanan kemasan masih boleh untuk dikonsumsi asalkan memerhatikan informasi nilai gizi yang terdapat di kemasan. Akan tetapi, untuk orang-orang yang sedang menjalani program penurunan berat badan, makanan kemasan sama sekali tidak dianjurkan.

(Baca juga: Bukan Santet atau Diguna-guna, Dokter Keluarkan 600 Paku dari dalam Perut Pria Ini)

Aspek yang harus diperhatikan adalah pertama, jumlah kalorinya. Maksimal jumlah yang boleh dikonsumsi adalah 150 kalori. Kedua, perhatikan jumlah serving per container. Meskipun jumlah kalorinya sedikit, bisa saja itu sajian untuk beberapa orang.

“Misalkan dalam satu makanan kemasan jumlah yang seharusnya disajikan untuk 7 orang, ya habiskan dengan enam orang. Kalau dihabiskan oleh satu orang sementara yang tertulis jumlah kalorinya adalah 40, berarti yang dikonsumsi adalah 280 kalori,” tambah dr Juwalita.

(Baca Juga: Jelmaan Superhero, Hijaber Ini Selamatkan Pria Terbakar dengan Baju Abaya)

Hal terakhir yang harus diperhatikan adalah jumlah lemak yang terkandung. Bila jumlah lemaknya lebih dari 50, maka jangan mengonsumsi makanan kemasan tersebut. Begitu juga jika makanan kemasan tersebut mengandung lemak jenuh, sebaiknya jangan dikonsumsi sama sekali.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini