PERNIKAHAN AGUNG: Bocoran! Ngunduh Mantu Kahiyang Ayu - Bobby Digelar di Medan Selama 3 Hari

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Jum'at 03 November 2017 17:40 WIB
https: img.okezone.com content 2017 11 03 196 1807958 pernikahan-agung-bocoran-ngunduh-mantu-kahiyang-ayu-bobby-digelar-di-medan-selama-3-hari-R20bNktIwM.jpg Kahiyang Ayu (Foto: @ayanggkahiyang/Instagram)

PERNIKAHAN putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu dan Bobby Afif Nasution akan digelar di Solo pada Rabu, 8 November 2017. Lalu bagaimana dengan upacara ngunduh mantu?

Menurut kabar yang beredar, ngunduh mantu Kahiyang dan Bobby akan dilaksanakan di Medan selama tiga hari. Acara tersebut akan digelar pada 24 - 26 November 2017.

Adapun alasan dilaksanakan di Medan, Sumatera Utara karena merupakan daerah asal mempelai pria, Bobby. Sesuai dengan lokasi acara ngunduh mantu, busana yang dikenakan dan dekorasi kedua mempelai akan menggunakan adat Tapanuli.

Hal ini sempat dijelaskan oleh kakak Bobby, Inge Amelia Nasution. Ia mengatakan bahwa keluarga mempelai pria telah mempersiapkan acara tersebut. Menurutnya, dari tiga hari acara ngunduh mantu, dua hari digunakan untuk melakukan acara adat, sedangkan di hari terakhir merupakan resepsi.

"Tanggal 24 dan 25 November acara adat, tanggal 26-nya resepsi," ujar Inge kepada wartawan bulan lalu.

Diberitakan juga sebelumnya bahwa dalam pernikahan ini, Kahiyang Ayu akan mendapat marga Siregar untuk diperistri Bobby. Nama Siregar akan disematkan menjadi marga Kahiyang karena marga Siregar merupakan marga ibu kandung Bobby yang bernama Ade Hanifah Siregar.

Dalam acara ngunduh mantu ini, akan hadir pula beberapa tokoh-tokoh adat dari Siregar dan Nasution. Selain itu, diprediksi banyak pula pejabat yang akan menghadiri acara sakral di tanah Medan ini.

Untuk suvenir yang akan diberikan kepada tamu undangan di acara ngunduh mantu, pihak keluarga mempelai pria telah menyiapkan tempat sirih yang biasa disebut salipi. Namun Inge belum menjelaskan berapa banyak suvenir yang disiapkan untuk para tamu.

"Karena itu khas dari Tapanuli Selatan. Kami ingin mengangkat budaya, jadi suvenirnya itu," jelas Inge.

Sebelumnya, Kahiyang dan Bobby akan melaksanakan resepsi di Solo. Prosesi adat akan dimulai dari tanggal 7 November dan dilanjutkan dengan resepsi pada 8 November 2017.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini