PERNIKAHAN AGUNG: Cari Tahu Yuk, 5 Perbedaan Pernikahan Gibran-Selvi dengan Kahiyang-Bobby

Annisa Aprilia, Jurnalis · Jum'at 03 November 2017 18:06 WIB
https: img.okezone.com content 2017 11 03 196 1808000 pernikahan-agung-cari-tahu-yuk-5-perbedaan-pernikahan-gibran-selvi-dengan-kahiyang-bobby-J0VtVjw68v.jpg Jelang Pernikahan Kahiyang-Bobby (Foto:Instagram)

MENJADI anak dari orang nomor satu se-Indonesia membuat putra dan putri Joko Widodo selalu menarik untuk diikuti kegiatannya, termasuk pernikahan Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution yang akan digelar beberapa hari lagi. Pernikahan putri satu-satunya Presiden Republik Indonesia tersebut akan dilaksanakan di Gedung Graha Saba Buana, Solo.

Menjelang pernikahan sang putri Presiden, Okezone menemukan beberapa perbedaan antara pernikahan yang akan segera digelar tersebut dengan pernikahan kakak laki-laki Kahiyang, yaitu Gibran Rakabuming Raka.

BACA JUGA:

PERNIKAHAN AGUNG: Bocoran! Ngunduh Mantu Kahiyang Ayu - Bobby Digelar di Medan Selama 3 Hari

1. Pengamanan Lebih Ketat

Satu hal yang berbeda saat nanti pernikahan Kahiyang, ialah pengamanan. Dirangkum dari berbagai sumber Gibran menyatakan pengamanan pada saat pernikahan adik perempuannya tersebut akan lebih diperketat. Keamanan memang akan jadi hal yang penting, karena Kahiyang adalah anak perempuan satu-satunya dari Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo dan Ibu Negara, Iriana Widodo, diantara dua putra yang ada di keluarga kecil mereka.

2. Berbeda Waktu Siraman

Setelah pengamanan yang berbeda kondisinya, hal lain yang berbeda ialah waktu siraman. Saat prosesi pernikahan Gibran, siraman dilakukan pada Rabu, 10 Juni 2015, sementara prosesi siraman Kahiyang akan dilaksanakan pada Selasa pagi, 7 November 2017, seperti yang dikatakan oleh Gibran. Keduanya menyelenggarakan prosesi adat siraman dihari yang berbeda.

3. Adat

 

Pada acara pernikahan Kahiyang nantinya akan dilaksanakan di dua kota, yaitu Solo dan Medan, sesuai dengan asal kedua mempelai. Untuk acara pernikahan yang diselenggarakan di Kota Solo, adat yang digunakan ialah full adat Jawa, sementara di Medan akan diadakan acara pernikahan khas Medan. Sedangkan, pada pernikahan Gibran dan istrinya Selvi digelar menggunakan adat Jawa.

BACA JUGA:

PERNIKAHAN AGUNG: Air Siraman Kahiyang Ayu Berasal dari 7 Mata Air, Termasuk Istana Negara dan Istana Bogor

4. Jumlah Undangan

 

Perbedaan selanjutnya yang ada diantara pernikahan putra dan putri Joko Widodo ialah jumlah undangan. Pada pernikahan Gibran dan Selvi, keluarga Presiden tersebut mengundang tamu sebanyak 5.000 orang, sementara pada pernikahan Kahiyang dan Bobby undangan yang disebar capai angka 8.000 orang. Selisih jumlah tamu dipernikan keduanya mencapai 3.000.

5. Sesi Tamu Undangan

Pernikahan Gibran dan Selvi yang pada dua tahun lalu digelar terbagi atas 3 sesi untuk tamu undangan, berbeda dengan pernikahan Kahiyang dan Bobby yang akan segera digelar memiliki 5 shift atau sesi untuk tamu undangannya.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini