nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Cara Jitu Memilih Semangka Manis dan Segar

Pradita Ananda, Jurnalis · Jum'at 03 November 2017 20:34 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 11 03 298 1808121 5-cara-jitu-memilih-semangka-manis-dan-segar-HYCqjERYpr.jpg Jus semangka (Foto: Servingjoy)

BUAH semangka bisa dibilang salah satu primadona di kala musim panas. Dengan cuaca panas dan sinar matahari yang terik, rasanya menyantap semangka yang manis dan segar bisa jadi pilihan tepat!

Semangka, selain terkenal mengandung banyak air. Juga mengandung vitamin A, vitamin C dan juga potassium yang mana semuanya berguna untuk kesehatan tubuh.

Agar bisa menyantap buah semangka yang manis, segar, dan garing renyah, tentunya langkah pertama yang harus dilakukan adalah memilih semangka yang baik dan berkualitas. Seperti apa kunci memilih buah semangka yang tepat agar tidak salah pilih? Simak ulasan tipsnya di bawah ini.

Baca Juga:

VIRAL! 2 Remaja Indonesia Cover Lagu "Havana" Milik Camila Cabello yang Ciamik, Penasaran?)

1. Diangkat : Ketika hendak membeli semangka, sebaiknya saat dipilih buah satu ini harus diangkat langsung dengan kedua tangan, jangan hanya diketuk-ketuk saja. Buah semangka yang bagus, adalah semangka yang berat terasa isinya karena semangka yang matang akan penuh dengan air, bukan terasa hampa ketika diangkat.

2. Ground spot : Tips kedua memilih semangka yang baik ialah dengan mencari 'ground spot' alias patch berwarna kekuningan. Ketika ground spot ini terdapat pada semangka, maka artinya semangka tersebut telah matang dengan baik. Jika patch yang ada tidak berwarna kuning, malah berwarna hijau atau putih, itu artinya semangka tersebut belum matang karena dipanen terlalu awal.

3. Ketuk : Cara ketiga adalah dengan mengetuk-ngetuk badan semangka. Jika saat diketuk dengan kepalan jari atau tangan, terdengar suara yang bervolume padat maka semangka tersebut adalah semangka yang baik, namun jika yang terdengar suaranya terasa hampa dan kosong, maka semangka tersebut belum sepenuhnya matang atau malah sudah terlalu matang.

4. Kencang dan bersih : Kencang dan bersih di sini maksudnya ialah, semangka yang baik adalah semangka yang bentuknya simetris dan bebas dari sayatan ataupun guratan. Tekan-tekan semangka di beberapa bagian, jika berkualitas baik maka titik yang tadi ditekan-tekan terasa kencang.

Baca Juga:

Model Brasil Lais Ribero Dipercaya Kenakan Fantasy Bra Victoria's Secret Seharga Rp27 Miliar

5. Warna : Semangka yang matang dengan pas dan menghadirkan daging buah yang lebih manis, sejatinya akan menampilkan warna kulit luar hijau gelap dan pucat. Namun jika kulit luaran semangka terlihat bercahaya, kemungkinan besar semangka tersebut belum sepenuhnya matang dengan sempurna. Demikian seperti disitat Ndtv, Jumat (3/11/2017).

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini