nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

OKEZONE WEEK-END: Indonesia Memang Unik, 3 Daerah Ini Jadi Tempat yang Dikenal sebagai Pusatnya Ilmu Hitam

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Sabtu 04 November 2017 16:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 11 04 406 1808234 okezone-week-end-indonesia-memang-unik-3-daerah-ini-jadi-tempat-yang-dikenal-sebagai-pusatnya-ilmu-hitam-7YzEWyvIe2.jpg Ilustrasi (Foto: Indonesiaexpat)

MESKIPUN tidak memiliki literasi yang jelas, ilmu hitam nyatanya masih jadi hal yang menarik untuk dipelajari oleh segelintir orang. Di Indonesia sendiri ada beberapa daerah yang terkenal sebagai pusatnya ilmu hitam. Percaya atau tidak, tapi tempat ini memang sudah jadi destinasi orang-orang yang berniat "khusus".

Dunia mistis jadi hal yang selalu menggelitik untuk dikulik. Meskipun tak tampak di depan mata, nyatanya orang masih saja tertarik bahkan di era dimana teknologi sudah berkembang sangat pesat. Mau tahu daerah mana saja yang secara turun temurun dianggap sebagai surganya ilmu hitam. Dilansir dari berbagai sumber, berikut 3 daerah di Indonesia yang terkenal kental akan ilmu hitamnya.

Banten

Pernah mendengar kalimat "jangan macam-macam dengan orang Banten" jika ya maka Anda harus tahu alasannya. Suku Badui di Banten dikenal sebagai kumpulan masyarakat yang "melestarikan" urusan gaib. Membicarakan seputar pelet, santet, debus bahkan ilmu kebal konon kabarnya bisa dipelajari di Banten. Percaya atau tidak, kabarnya banyak penjahat yang berguru di Banten agar kenal senjata api maupun senjata tajam. Bagi masyarakatnya, orang Badui tidak akan berani melanggar adat istiadat karena jika dilanggar maka dipercaya akan mengundang malapetaka.

Banyuwangi

Dahulu mungkin banyak yang menyebut Banyuwangi sebagai pusatnya dukun santet yang sakti mandraguna. Julukan ini masih melekat kuat meskipun saat ini Banyuwangi sudah membranding sebagai kabupaten destinasi wisata. Orang Banyuwangi bahkan membagi ilmu santet dalam 4 jenis. Ada santet hitam untuk balas dendam sampai si musuh meninggal, santet merah buat bales dendam tapi tidak sampai membuat orang tewas, santet kuning untuk bikin orang lain jadi suka, dan santet putih yang dilercaya bisa melancarkan usaha.

Kalimantan

Suku Dayak di pedalaman Kalimantan juga dipercaya "melestarikan" ilmu hitam warisan leluhur. Ilmu yang paling terkenal adalah mandau terbang yang diyakini sebagai media untuk mengirim guna-guna dan pelet. Mandau sendiri merupakan senjata tradisional masyarakat Kalimantan. Ketika mandau ini menjalankan tugas, maka ia akan melesat terbang mengejar musuh untuk menebas kepalanya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini