nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

OKEZONE WEEK-END: 5 Objek Wisata Paling Menyeramkan di Indonesia, Berani Liburan di Sini?

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Minggu 05 November 2017 21:09 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 11 04 406 1808559 okezone-week-end-5-objek-wisata-paling-menyeramkan-di-indonesia-berani-liburan-di-sini-8vpvpQwZWQ.jpg Lawang Sewu tempat wisata berbau mistis (Foto:Womantalk)

 

 

DI mata dunia, Indonesia dikenal sebagai salah satu negara yang memiliki keindahan alam yang begitu memesona. Namun, tak banyak yang tahu bahwa hampir setiap objek wisata di Tanah air menyimpan berbagai kisah mistis. Tempat angker di Indonesia memang sangat beragam. Ada yang berupa pantai, gunung, goa, hingga gedung-gedung bekas penajajahan.

Semua tempat tentunya memiliki sejarah dan kisah-kisah mistis yang mengundang rasa penasaran. Lalu, di mana sajakah objek wisata paling menyeramkan di Indonesia? Berikut ulasan lengkapnya, sebagaimana dilansir Okezone dari berbagai sumber.

BACA JUGA:

OKEZONE WEEK-END: Sederet Kisah Misteri dalam Transportasi Umum...

Lawang Sewu, Semarang

Objek wisata ini mulai dikenal masyarakat luas setelah digunakan sebagai lokasi uji nyali oleh salah satu stasiun televisi swasta. Lawang Sewu sendiri memiliki arti seribu pintu karena bangunan ini memang memiliki pintu yang sangat banyak. Pada zaman kolonial Belanda, Lawang Sering dioperasikan sebagai tempat eksekusi dan penjara.

Menurut data yang berhasil dihimpun Okezone, ada beberapa cerita mistis yang pernah dialami oleh para pengunjung dan penduduk setempat. Salah satunya adalah penampakan hantu wanita berambut panjang. Konon katanya, hantu yang dikenal dengan sebutan noni Belanda itu kerap muncul di sepanjang lorong gedung Lawang Sewu.

Lubang Buaya, Jakarta

 

Lubang Buaya merupakan salah satu saksi bisu kejadian gerakan 30 September PKI atau lebih dikenal dengan sebutan G30S/PKI. Di tempat inilah para komunis membuang mayat jenderal serta letnan yang mereka bantai ke dalam sebuah sumur. Tempat pembantaian itu kemudian dikenal sebagai Lubang Buaya. Berdasarkan kesaksian seorang warga, ia kerap mendengar suara isak tangis dan suara teriakan minta tolong yang berasal dari kawasan sumur. Padahal, kejadian tersebut berlangsung di sore hari.

Taman Nasional Baluran, Banyuwangi

 

Bagi para travelers pastinya sudah familiar mendengar nama Taman Nasional Baluran. Tempat ini menyuguhkan pemandangan alam yang sangat eksotis dengan aneka ragam fauna dan flora. Saking uniknya, Taman Nasional Laburan juga dijuluki “Little Africa”. Namun tahukah Anda, tempat ini memiliki sejumlah kisah mistis yang pernah dialami oleh para pengunjung maupun penduduk lokal. Konon katanya, ada beberapa wisatawan yang nekat melewati hamparan Savana di malam hari, dan di tengah perjalanan motor yang ia gunakan mogok. Di saat itulah mereka melihat penampakan sesosok pria bertubuh besar yang dipenuhi oleh rambut, serta wajah yang sangat menyeramkan.

BACA JUGA:

OKEZONE WEEK-END: Apa Benar Usir Setan Bisa dengan Garam?

Gunung Merapi, Yogyakarta

 

Gunung Merapi dikenal dunia dunia internasional karena aktivitas vulkanisnya. Namun siapa sangka, gunung populer asal Yogyakarta ini juga menyimpan berbagai cerita mistis. Menurut pengakuan para pendaki, mereka sering melihat keramaian layaknya pasar yang berlangsung di area Pasar Bubrah. Lokasi ini memang menjadi lokasi berkemah favorit para pendaki karena permukaan tanahnya yang cukup datar. Konon, seorang pendaki pernah membeli pisang di area tersebut, namun keesokan harinya pasar yang ia lihat telah lenyap tak bersisa. Beberapa pendaki juga mengaku kerap mendengar suara gamelan saat berada di Gunung Merapi.

Gunung Ciremai

Gunung Ceremai merupakan gunung tertinggi yang terletak di Jawa Barat dengan ketinggian mencapai 3.078 meter dari permukaan laut. Selain menjadi incara para pendaki karena memiliki keindahan paranoma yang sangat memesona, Gunung Ceramai juga memiliki jalur yang cukup menantang sehingga meninggalkan pengalaman tersendiri bagi para pendaki. Tetapi jangan salah, Gunung Ceremai juga menyimpan banyak kisah mistis yang sudah tersebar di kalangan pencinta alam. Salah satu kisah mistis yang paling populer adalah penampakan Nyi Lingga.

Sosok ini dianggap sebagai penunggu kawasan Batu Lingga di Gunung Ceremai. Konon katanya, wanita ini memiliki kaitan erat dengan salah satu sosok Wali Songo yakni, Sunan Gunung Jati. Nyi Linggap dipercaya yang menjadi penerus persemedian Sunan Gunung Jati di batu besar yang disebut dengan Batu Lingga. Kala itu ia selalu ditemani oleh dua macan tutul untuk mendapatkan ilmu kanuragan. Namun sayangnya, di tengah persemedian tersebut ia gagal dan meninggal. Sehingga muncul mitos bahwa ada sosok nenek tua dan macan tutul di kawasan Batu Lingga.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini