nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Intip Misteri Kamar Hotel 308 Nyi Roro Kidul di Pelabuhan Ratu

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Minggu 05 November 2017 14:36 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 11 05 406 1808745 intip-misteri-kamar-hotel-308-nyi-roro-kidul-di-pelabuhan-ratu-9UxVT5uhWk.jpg Ilustrasi Nyi Roro Kidul (Foto: Ist)

KAWASAN Pelabuhan Ratu di Sukabumi, Jawa Barat dikenal menjadi salah satu wilayah yang dikaitkan dengan penguasa pantai selatan, yaitu Nyi Roro Kidul. Daerah ini disebut sebagai salah satu dari pintu gerbang menuju pantai selatan.

Tak heran jika masyarakat di Pelabuhan Ratu masih kerap melakukan tradisi yang berhubungan dengan Nyi Roro Kidul. Tempat ini pun menjadi salah satu tempat istimewa bagi penguasa laut selatan.

Jika berbicara tentang Nyi Roro Kidul dan Pelabuhan Ratu, tak bisa lepas dari adanya satu kamar istimewa yang diperuntukkan baginya. Kamar ini berada di sebuah hotel bintang empat, Hotel Inna Samudera dengan nomor 308.

Nomor kamar istimewa ini tak boleh sembarangan dipergunakan. Sebab, kamar ini berbeda dengan kamar lain yang bisa ditiduri oleh pengunjung.

Kamar 308 ditata dengan dekorasi yang berbeda dengan kamar biasa. Berbagai benda yang berkaitan dengan Nyi Roro Kidul diletakkan di kamar ini. Mulai dari lukisan Nyi Roro Kidul, pakaian wanita berwarna hijau, hingga perhiasan dan furnitur dengan dominasi warna hijau.

Warna hijau sendiri menjadi warna khas yang kerap dikaitkan dengan sosok Nyi Roro Kidul. Sehingga tidak mengherankan jika kamar ini dipenuhi dengan berbagai dekorasi berwarna hijau.

Di kamar ini terdapat ranjang kayu yang dibalut dengan seprai berwarna hijau serta sarung bantal dan guling berwarna sama. Warna hijau lain juga terlihat dari furnitur payung bergagang kayu panjang yang diletakkan di depan pintu kamar dan di samping ranjang.

Selain itu, tepat di samping ranjang terdapat lukisan Nyi Roro Kidul dengan balutan kain hijau dan rambut terurai dalam ukuran yang besar. Di depannya selalu diletakkan beberapa benda seperti cangkir-cangkir kecil dan tempat air khusus. Ada pula vas yang diisi dengan beberapa batang bunga sedap malam.

Di samping lukisan, terdapat dua kotak kaca berisi perhiasan hingga tiara untuk sang ratu. Sementara di sudut lain kamar, terdapat manequin yang menggunakan gaun berwarna hijau panjang dengan syal bernuansa hijau muda.

Bau dupa memenuhi ruangan, membuat suasana menjadi terasa lebih mistis. Selain itu, di kamar yang berusia lebih dari 35 tahun ini juga terdapat bendera Merah Putih berukuran cukup besar di dekat wadah dupa.

Meski tak bisa menginap di kamar ini, para pengunjung bisa masuk dan melihat-lihat isi kamar. Hanya dengan membayar sekira Rp35 ribu, Anda bisa merasakan aura mistis kamar 308. Bagaimana, tertarik untuk mencoba?

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini