nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sejak Usia Berapakah Boleh Pakai Krim Anti Penuaan?

Annisa Amalia Ikhsania, Jurnalis · Selasa 07 November 2017 05:30 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 11 06 194 1809260 sejak-usia-berapakah-boleh-pakai-krim-anti-penuaan-Mz9yMxW6j3.jpg Usia yang tepat mulai menggunakan krim anti penuaan (Foto:Thesun)

WANITA mana yang tak ingin terlihat awet muda? Sebagian besar dari mereka tentu mengantisipasi penuaan sejak dini dengan melakukan perawatan dan menggunakan krim anti penuaan. Padahal, kerutan sendiri baru mulai terlihat ketika usia memasuki 40-an.

Ketakutan akan tampilan kulit yang menua membuat banyak wanita yang masih berusia 20-an mulai menggunakan krim anti penuaan. Namun, pertanyaannya, sejak usia berapakah wanita disarankan mulai menggunakan krim anti penuaan?

Diungkapkan oleh Alexa Mullane, seorang ahli skincare, pada usia 25 tahun sejatinya kulit mulai mengalami penurunan produksi kolagen, tanda-tanda penuaan pun bukan tak mungkin juga mulai terlihat. Bila tak segera ditangani atau dibiarkan saja maka akan berakhir dengan munculnya keriput dan garis-garis halus pada kulit.

BACA JUGA:

VIRAL! Muncul Nail Art 'Berjerawat' yang Bisa Dipecahkan, Unik atau Jijik?

"Saat pertengahan usia 20-an, tubuh kita mulai berhenti tumbuh. Kita tidak membutuhkan kolagen untuk pertumbuhan, jadi kita secara alami tidak memproduksinya terlalu banyak," kata Alexa seperti dilansir TheSun, Selasa (7/11/2017).

"Produksi kolagen dan hyaluronic acid akan menurun pada usia tersebut, kulit kita akan menua. Karena itu, penting untuk mulai memperlambat proses penuaan sebelum terlambat. Bila tidak dilakukan pencegahan, akan berisiko kulit menjadi kendur dan keriput akan muncul lebih dini," ungkapnya.

Lebih lanjut, Alexa pun memberi gambaran terkait ragam produk perawatan kulit yang perlu digunakan sesuai dengan usia. Di antaranya, rutin menggunakan sunscreen pada usia 25 tahun ke atas. Anda yang berada pada rentang usia tersebut, disarankan untuk mulai memilih jenis skincare yang tepat untuk mencegah kulit kering dan mengatasi tanda penuaan awal.

"Jangan lupakan konsumsi air mineral yang banyak, konsumsi makanan sehat, nutrisi yang baik menjadi kebutuhan sehari-hari," kata Alexa.

Kemudian, di usia 28 tahun, Anda disarankan mulai menggunakan produk skincare yang memiliki kandungan kolagen dan hyaluronic acid lebih banyak. Tak ada salahnya untuk mengonsumsi suplemen yang juga mengandung kolagen dan hyaluronic acid.

BACA JUGA:

Cantiknya Mytha Lestari Jadi Pengantin Jawa saat Menikah, Bikin Pangling!

Lalu, pada usia pertengahan 30 tahun, penggunaan skincare saja tidak cukup untuk mengatasi penuaan. Anda perlu melakukan perawatan kulit tertentu, seperti mikrodermabrasi.

"Mencegah lebih baik daripada mengobati, aku secara pribadi berpikir, tak ada salahnya untuk mulai mencegah penuaan sejak dini. Tak ada kata terlambat untuk memperbaiki penampilan kulit," ujar Alexa.

"Apalagi di usia 30 kita akan kehilangan kolagen sebanyak 1-2 persen setiap tahunnya. Lalu, di usia 40-an kita akan kehilangan 10-20 persen kolagen, di usia 50-an kita kehilangan 20-40 persen kolagen dalam kulit," lanjutnya.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini