Santan Kelapa Bisa Digunakan untuk Jaga Kecantikan dan Kesehatan Rambut, Ini Caranya!

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 07 November 2017 05:30 WIB
https: img.okezone.com content 2017 11 06 194 1809269 santan-kelapa-bisa-digunakan-untuk-jaga-kecantikan-dan-kesehatan-rambut-ini-caranya-yMlRej5nSY.jpg Ilustrasi merawat rambut dengan santan (Foto: Cover Shutter)

MENDENGAR kata coconut milk atau santan, pasti yang terlintas di pikiran adalah salah satu bahan untuk memasak. Hal ini tidak bisa dihindari, mengingat banyak jenis makanan Indonesia yang menggunakan santan sebagai salah satu bahan utama untuk kuah, mulai dari aneka gulai hingga soto.

Well, santan sendiri sebetulnya sangat bisa digunakan bukan hanya sebagai bahan masakan loh! Karena santan juga bisa dimanfaatkan untuk kesehatan dan kecantikan rambut, mau tahu apa saja kegunaannya dan bagaimana cara memanfaatkannya? Baca ulasannya berikut ini yuk!

1. Merangsang pertumbuhan rambut : Nutrisi yang terdapat dalam santan, sebagaimana dikutipĀ  Boldsky, Selasa (7/11/2017) adalah nutrisi yang ideal untuk membantu merangsang pertumbuhan rambut. Caranya tinggal membalurkan santan segar ke area kulit kepala, lalu pijat-pijat kulit kepala secara perlahan dan teratur, diamkan 10 menit, lalu bilas rambut sampai bersih dengan sampo. Untuk hasil nyata, lakukan creambath santan ini sekali dalam satu pekan.

2. Deep conditioning : Deep conditioning untuk rambut sekaligus kulit kepala itu perlu loh, agar rambut bisa tumbuh dan berkembang dengan sehat. Nah, santan alias coconut milk ini bisa dijadikan sebagai deep conditioning alami dengan cara, mengoleskannya ke area kulit kepala secara merata (cukup setengah sendok makan santan saja) setelah rambut dicuci bersih dengan sampo. Diamkan saja selama 5 menit, lalu bilas bersih rambut dengan air dingin.

3. Mencegah uban : Siapa sih yang tidak sebal dan risih dengan kehadiran grey hair alias uban? Nah, tidak mau kan uban-uban ini muncul lebih awal sebelum waktunya? Sebagai pencegahan yang efektif, menggunakan santan jadi jawabannya. Siapkan satu sendok teh santan, air perasan lemon, dan coconut oil, lalu balurkan merata ke area kulit kepala dan akar rambut, diamkan meresap selama kurang lebih 30 menit terlebih dahulu sebelum dibilas bersih dengan air.

4. Melawan ketombe : Kandungan anti-bakteri yang ada pada santan, dapat dimanfaatkan untuk melawan ketombe membandel loh! Campurkan saja satu sendok teh santan dan gel lidah buaya, oleskan masker rambut alami ini ke area kulit kepala dan biarkan kering selama kurang lebih 20 menit, baru kemudian bilas bersih dengan sampo dan air hangat. Selamat mencoba!

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini