Hindari! Konsumsi Minuman Bersoda 2 Kaleng Seminggu Picu Diabetes

Dewi Kania, Jurnalis · Senin 06 November 2017 14:00 WIB
https: img.okezone.com content 2017 11 06 481 1809161 hindari-konsumsi-minuman-bersoda-2-kaleng-seminggu-picu-diabetes-KVp2POvTwr.jpg Ilustrasi (Foto: Zeenews)

SANGAT berbahaya sekali bagi Anda yang suka minuman bersoda. Kalau sering minum dua kaleng per minggu, dapat meningkatkan risiko penyakit degeneratif.

Berdasarkan hasil studi, seseorang yang suka sekali mengonsumsi minuman bersoda dapat meningkatkan tekanan darah. Studi lebih lanjut mencatat, risikonya dapat meningkatkan penyakit sindrom metabolik.

Ada juga studi sebelumnya yang menyatakan bahwa minuman bersoda dapat meningkatkan risiko obesitas. Terutama pada kalangan anak-anak dan remaja saat ini. Mereka hampir sering minum soda daripada air putih yang lebih bermanfaat.

Untuk studi tersebut, data dari 36 penelitian pada orang-orang yang mengonsumsi lima atau lebih minuman manis dalam seminggu. Salah satunya yakni minuman bersoda yang diberikan oleh para peneliti.

Mereka mengalami penurunan sensitivitas insulin sekira 17%, bagi mereka yang minum soda selama 10 minggu berturut-turut. Selain itu, para peneliti juga menemukan kaitan antara soda, hipertensi dan penyakit jantung.

"Peningkatan prevalensi gangguan kardiometabolik sangat terkait dengan urbanisasi yang lebih besar. Penerapan pilihan gaya hidup yang merugikan, termasuk perilaku tidak menetap seperti merokok juga mempengaruhi," kata Profesor Faadiel Essop dari Stellenbosch University di Afrika Selatan.

Essop menambahkan, saat ini seseorang tak bisa lepas dari kebiasaan konsumsi gula. Dalam beberapa dekade, dampak dari kebiasaan makanan manis dapat memicu penyakit kardiometabolik.

Maka itu, dia menekankan kepada seseorang akan pentingnya membatasi mengonsumsi makanan dan minuman manis dalam sehari. Pemerintah juga mengatur, seseorang tidak boleh mengonsumsi gula lebih dari lima gram sehari.

Selain dapat memicu diabetes, terlalu sering minum soda dapat memicu banyak penyakit berbahaya. Termasuk serangan jantung, stroke, gangguan ginjal, gangguan kadar insulin dan sebagainya.

Karenanya, sebelum mengonsumsi minuman bersoda pikirkan lebih dulu bahayanya. Banyak sekali pria dan wanita usia produktif mengalami penyakit degeneratif saat ini. Demikian dilansir Zeenews, Senin (6/11/2017).

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini