nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Cara Mudah Turunkan Gula Darah dalam Tubuh, Salah Satunya Air Putih

Dewi Kania, Jurnalis · Senin 06 November 2017 13:14 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 11 06 481 1809163 5-cara-mudah-turunkan-gula-darah-dalam-tubuh-salah-satunya-air-putih-euKmvwx3h8.jpg Air putih membantu menurunkan gula darah (Foto: Ist)

SETIAP orang harus mengontrol kadar gula darah dengan baik. Ada beberapa cara yang harus diterapkan setiap hari agar tidak memicu diabetes.

Kalau jarang beraktivitas fisik dan tidak menjaga pola makan, risikonya cepat mengalami kenaikan kadar insulin yang bisa membahayakan. Setidaknya dalam sehari Anda bisa melakukan beberapa tips sederhana untuk menjaga diri agar terbebas dari penyakit diabetes.

Ancaman diabetes saat ini tidak hanya dialami oleh orang tua, anak-anak, remaja, hingga orang-orang berusia produktif juga rentan mengalami diabates. Karenanya, Anda harus benar-benar waspada supaya tidak mengalami penyakit gula itu.

BACA JUGA:

Orang Sakti! Pria Ini Nekat Makan Ayam Goreng Tepung dengan Cocolan Sabun Colek

Dilansir Healthline, Senin (6/11/2017), berikut lima cara menurunkan gula darah sesuai rekomendasi dokter. Simak ulasannya yang perlu Anda terapkan setiap hari.

Olahraga secara teratur

Olahraga teratur dapat membantu menurunkan berat badan dan meningkatkan sensitivitas insulin. Saat terjadi peningkatan sensitivitas insulin, berarti sel Anda lebih mampu menggunakan gula yang tersedia di aliran darah.

Olahraga juga membantu otot Anda menggunakan gula darah untuk kontraksi energi yang sesuai. Jika Anda seseorang dengan gula darah tinggi, harusnya tidak malas olahraga supaya kesehatan tetap terjaga, terutama gula darah Anda.

Kontrol asupan karbohidrat

Bila Anda makan terlalu banyak karbohidrat atau memiliki masalah dengan fungsi insulin, mengakibatkan kadar glukosa darah meningkat. American Diabetes Association (ADA) merekomendasikan pengendalian asupan karbohidrat dengan menghitung karbohidrat atau menggunakan sistem pertukaran makanan. Dalam sehari, Anda harus membatasi asupan karbohidrat yang benar agar tidak mengganggu kadar insulin dalam tubuh.

Tingkatkan asupan serat

 

Serat memperlambat pencernaan karbohidrat dan penyerapan gula. Karenanya, hal itu dapat meningkatkan kenaikan kadar gula darah secara bertahap. Ada dua jenis serat yakni serat tidak larut dan serat larut. Keduanya sangat penting untuk mengontrol kadar gula darah yang juga mencegah diabates.

BACA JUGA:

Tak Hanya untuk Siraman, Kain Jumputan Kahiyang Ayu Juga Dijadikan Suvenir Pernikahan

Minum cukup air putih

Bila Anda cukup minum air putih dapat membantu menjaga kadar gula darah agar Anda tetap sehat. Selain mencegah dehidrasi, juga dapat membantu ginjal mengeluarkan kelebihan gula darah melalui urin. Maka, dalam sehari Anda disarankan untuk minum air putih tidak lebih dari 8 gelas sehari.

Pilih makanan dengan indeks glikemik rendah

Indeks glikemik dikembangkan untuk menilai respon gula darah tubuh terhadap makanan yang mengandung karbohidrat. Jika seseorang menjaga asupan dengan indeks glikemik rendah dalam mengontrol gula darah dengan baik. Nah, hal inilah yang membuat Anda terjaga dari risiko diabetes dengan baik.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini