Potret Persiapan Siraman di Kediaman Kahiyang, Tamu Kenakan Pakaian Adat hingga Hiasan Khusus

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 07 November 2017 08:48 WIB
https: img.okezone.com content 2017 11 07 196 1809673 potret-persiapan-siraman-di-kediaman-kahiyang-tamu-kenakan-pakaian-adat-hingga-hiasan-khusus-1fi0P9WRIQ.jpg Potret jelang siraman di kediaman Presiden Jokowi di Solo (Foto: Sukardi/Okezone)

HARI ini, Selasa (7/11/2017), menjadi awal prosesi mantu Presiden Joko Widodo. Siraman yang dilakukan di kediaman pribadinya di Jalan Kutai Utara, Sumber, Banjar Sari, Surakarta, tetap berjalan sangat tertutup.

Sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan sebelumnya, pukul 8 pagi prosesi siraman dilakukan. Namun, berdasar pantauan Okezone di lokasi acara, masih ada beberapa tamu undangan yang berdatangan.

Para tamu menggunakan pakaian adat Jawa, di mana pria menggunakan beskap cokelat muda dan untuk perempuannya menggunakan kebaya dengan bawahan kain. Pakaian yang dikenakan tamu diketahui merupakan pakaian yang diberikan keluarga Jokowi khusus untuk acara siraman.

Jika diperhatikan, ada sesuatu yang menarik dari pakaian perempuan. Saat tamu datang, mereka mengenakan selendang yang warnanya berbeda-beda. Di awal kedatangan tamu undangan, mereka mengenakan selendang berwarna cokelat tua. Kemudian, beberapa saat setelahnya, tamu wanita yang datang mengenakan selendang berwarna hijau.

Sementara itu, tidak hanya tamu undangan yang menarik perhatian awak media, namun ada juga pernak pernik yang diketahui bakal memperindah suasana siraman Kahiyang. Mobil berwarna hitam dengan plat nomor AD 7819 RA berhenti di dekat kediaman pribadi presiden. Setelah diperhatikan, ternyata mobil tersebut membawa seperti hiasan untuk kelengkapan siraman Kahiyang.

Adalah bucket bunga yang diletakkan di sebuah kotak berwarna emas yang mana pada bagian tengahnya diisi seperti boks yang tidak diketahui pasti isinya apa. Setelah itu, ada juga hiasan balon yang bertuliskan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution. Termasuk doa yang tertulis di balon tersebut.

Mengenai upacara siraman Kahiyang, sebelum acara tersebut, dilakukan terlebih dulu khataman Alquran oleh ibu-ibu pengajian. Setelah itu dilanjutkan acara pondongan (menggendong calon mempelai) yang dilakukan oleh sang ayah. Dan malam harinya digelar upacara midodareni.

Sedangkan puncak acaranya adalah ijab qabul yang akan digelar pada Rabu (8/11/2017) di gedung Graha Saba yang dilanjutkan dengan menggelar acara resepsi di hari yang sama.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini