nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mengenal Basahan Keprabon, Pakaian Adat Solo yang Dipakai Kahiyang-Bobby saat Resepsi Malam

Annisa Amalia Ikhsania, Jurnalis · Kamis 09 November 2017 15:44 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 11 09 194 1811279 mengenal-basahan-keprabon-pakaian-adat-solo-yang-dipakai-kahiyang-bobby-saat-resepsi-malam-yDAvT1VCaJ.jpg Pernikahan Kahiyang-Bobby Nasution (Foto: Antara)

USAI melangsungkan akad pernikahan pada Rabu 8 November 2017 pagi, pasangan pengantin baru Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution menggelar resepsi pada malam harinya di Graha Saba Buana, Solo, Jawa Tengah.

Bila saat akad nikah dan resepsi siang hari, Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution jadi pengantin berbaju adat Solo Putri, lain halnya dengan penampilan saat resepsi pernikahan malam hari.

Ya, pada resepsi malam harinya, Kahiyang dan Bobby menjatuhkan pilihan pada baju pengantin adat Solo Basahan Keprabon. Mengutip dari berbagai sumber, pada dasarnya pakaian adat Solo Basahan Keprabon sama dengan Solo Basahan.

Riasan dan kain dodotan yang digunakan pun sama. Yang membedakan adalah pakaian Solo Basahan Keprabon memadukan antara kain dodot dengan baju beludru sehingga membuat penampilan terlihat kian megah. Kain dodotnya sendiri merupakan kemben dengan corak binatang yang dipercantik dengan prada emas.

Pengantin wanita menggunakan dodot yang dilengkapi dengan bolero lengan panjang berbahan velvet untuk menutupi bagian dada dan bahu. Sementara, pengantin pria menggunakan baju beskap yang dulunya hanya boleh digunakan oleh para bangsawan.

Perihal riasan wajah, tak ada yang berbeda antara adat Solo Basahan Keprabon dan Solo Basahan. Semalam, Kahiyang menggunakan sanggul bentuk bokor mengkurep yang ditutup dengan rajutan bunga melati.

Sanggul tersebut memiliki makna wanita yang diharapkan bisa mandiri dan bersyukur atas anugerah Tuhan. Sebanyak sembilan buah cundhuk mentul yang melambangkan wali songo dipasang rapi di bagian atas sanggulnya.

Untuk pengantin pria, menggunakan kuluk mathak atau topi yang memanjang ke atas, sehingga membuat penampilan Bobby bak raja-raja Keraton Surakarta. Bobby mengenakan topi berwarna biru muda dengan aksen emas.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini