nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

7 Oleh-Oleh Khas Solo Wajib Diborong Setelah Kondangan Pernikahan Kahiyang-Bobby

Annisa Aprilia, Jurnalis · Kamis 09 November 2017 16:13 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 11 09 298 1811310 7-oleh-oleh-khas-solo-wajib-diborong-setelah-kondangan-pernikahan-kahiyang-bobby-6RSGq7AHfK.jpg Bolu mandarin khas Solo (Foto:Ilustrasi/Ist)

JIKA Anda sedang berada di Solo dan akan segera kembali ke Jakarta, maka jangan lewatkan untuk berburu oleh-oleh khas daerah setempat. Seperti daerah-daerah wisata pada umumnya, Solo pun memiliki makanan khas dan benda-benda khas yang bisa Anda bawa pulang dan cocok dijadikan buah tangan.

BACA JUGA:

Selepas Hadiri Pernikahan Kahiyang-Bobby, Pejabat hingga Selebriti Serbu Kuliner Legendaris Solo

Dikumpulkan Okezone dari berbagai sumber, Kamis (9/11/2017), berikut daftar oleh-oleh khas Solo yang mesti Anda borong setelah pulang dari kondangannya Kahiyang dan Bobby.

1. Ampyang

Camilan khas Solo yang bernama Ampyang ini juga dikenal dengan sebutan gula kacang. Ampyang jadi salah satu oleh-oleh khas Solo yang murah meriah dan enak rasanya. Jika Anda berada di Solo, maka Ampyang akan cukup mudah didapatkan, dengan hanya merogoh kocek Rp4.000 hingga Rp15.000 saja, Anda sudah bisa memboyong Ampyang pulang ke kota asal.

 

 

2. Intip

Eits, camilan yang masih asli dari Solo tersebut, bukan intip yang sebenarnya. Namun, Intip adalah kerak nasi yang diolah menjadi camilan khas Solo, selain enak, Intip juga memiliki cita rasa lainnya, seperti gurih, asin dan renyah. Intip kekinian pun ada yang rasanya manis karena diberi gula jawa. Berminat membeli intip? Anda cukup mengeluarkan uang sebanyak Rp5.000 hingga Rp15.000, maka intip sudah bisa Anda cicipi kelezatannya.

3. Serabi Solo

Khas Solo lainnya, yaitu serabi. Kue yang termasuk dalam jenis jajanan pasar ini terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan santan. Bedanya serabi Solo dengan serabi yang ada di daerah lain, serabi Solo disajikan dengan toping yang menghias di atasnya. Ada serabi dengan toping pandan, dan pisang. Namun, semakin berkembangnya ide, dan kreativitas, toping serabi Solo pun mengalami perubahan, hingga ada green tea, cokelat, stroberi, hingga vanilla.

4. Batik Solo

Anda pasti tahu, Solo merupakan salah satu kota di Indonesia yang juga memiliki produksi batik dengan motif tersendiri. Sebagai alternatif oleh-oleh yang tidak mudah rusak, batik Solo bisa menjadi pilihan Anda. Harganya yang cukup murah dan termasuk dalam salah satu produk asli Indonesia, sehingga ketika Anda membelinya, Anda juga turut menghidupkan usaha kecil yang ada di Solo.

BACA JUGA:

ALAMAK, Rumah Mode Mewah Rilis Pasta Seharga Rp1,4 Juta per Buah!

5. Suvenir Solo

Memiliki julukan The Spirit of Java membuat Solo begitu spesial dan memiliki suvenir yang menjadi identitasnya. Benda-benda seperti gantungan kunci, blangkon, hingga pajangan rumah berupa pasangan pantin tradisional Solo, bisa dengan mudah Anda temukan di toko oleh-oleh. Bentuknya yang unik dan menggemaskan membuat patung-patung tersebut tampak memikat hati.

6. Kaus Khas Solo

Hampir sama seperti kota-kota wisata yang lain, Solo pun memiliki kaus khas. Kaus tersebut memiliki gambar yang menunjukkan kearifan lokal khas setempat dan menjadi ciri bagi Kota Solo. Kaus ini cocok Anda berikan pada orang-orang terdekat seperti pacar, sahabat, dan teman kantor.

7. Bolu Mandarijn

Kue atau bolu ini juga tidak boleh dilewatkan ketika bertandang ke Kota Solo. Kalau Surabaya punya Lapis Surabaya, maka Solo punya bolu yang populer yaitu Bolu Mandarin. Memiliki tampilan yang mirip yaitu terdiri dua lapis, lapis atas berwarna kuning dan lapis kedua kedua berwarna cokelat, bolu ini memiliki tekstur yang lumer di mulut, saking lembutnya. Sangat pas sebagai teman minum teh di pagi atau sore hari.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini