Selain Cegah Bau Mulut, Ini 9 Manfaat Kunyah Permen Karet

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Kamis 09 November 2017 16:23 WIB
https: img.okezone.com content 2017 11 09 481 1811319 selain-cegah-bau-mulut-ini-9-manfaat-kunyah-permen-karet-337xYAskTd.jpg Ilustrasi (Foto: Boldsky)

MENGUNYAH permen karet bisa memberikan sejumlah manfaat yang berguna untuk tubuh Anda. Salah satunya adalah menghilangkan bau napas yang tak sedap.

Bau napas yang tak sedap terkadang datang ketika seseorang mengonsumsi bawang putih berlebihan atau pada orang-orang yang gemar merokok. Nah, untuk menghilangkannya, rasa manis atau mint dari permen karet bisa Anda manfaatkan.

Namun selain menghilangkan bau napas tak sedap, permen karet juga memiliki beberapa manfaat. Simak ulasannya seperti dilansir dari Boldsky, Kamis (9/11/2017):

Meningkatkan memori

Sebuah penelitian terbaru yang dilakukan oleh tim psikolog di St. Lawrence University menunjukkan bahwa mengunyah permen karet bebas gula secara teratur dapat meningkatkan aliran darah ke hippocampus di otak. Karena bisa meningkatkan aliran oksigen ke otak. Ini juga membantu menjaga sel otak Anda tetap aktif dan meningkatkan kemampuan ingatan Anda.

Mengurangi stres

Penelitian lain menemukan bahwa permen karet bisa mengurangi stres karena meningkatkan aliran oksigen ke otak. Permen karet juga bisa menurunkan produksi hormon stres yang dikenal sebagai kortisol dalam darah.

Meredakan kecemasan

Mengunyah permen karet juga bisa meredakan kecemasan sama seperti dapat mengurangi stres. Karena itu, Anda bisa mengunyah permen karet sebelum wawancara atau pertemuan penting akan saraf lebih tenang.

Mengurangi berat badan

Mengunyah permen karet juga bisa membunuh rasa lapar yang terlalu dini. Sehingga nafsu makan Anda terkendali yang memungkinkan Anda tetap berada dalam diet yang sehat untuk menurunkan berat badan. Namun pastikan permen karet yang dipilih bebas gula dan rendah kalori.

Mengobati mual

Jika Anda tipe orang yang gampang mabuk dalam perjalanan, maka kunyahlah permen karet rasa mint, Rasa mint ini dapat membantu mengurangi mual karena menghasilkan lebih banyak liur yang dapat mengurangi asam di perut.

Mengobati sembelit

Permen karet juga bisa digunakan untuk mengobati konstipasi sementara. Karena air liur ekstra yang dihasilkan bisa melumasi usus dan membuat gerakan usus menjadi lebih halus.

Mengurangi keasaman

Mengunyah permen karet menghasilkan liur ekstra yang bisa mengurangi rasa asam di pencernaan. Sehingga cocok untuk Anda yang merasakan asam lambung terlalu banyak.

Membuat lebih energik

Permen karet juga bisa membuat Anda lebih energik. Terutama ketika Anda merasa lelah dan lesu di tempat kerja. Karena mengunyah permen karet dapat meningkatkan aliran darah dan oksigen ke otak.

Mengurangi sakit telinga

Permen karet juga bisa mengurangi sakit telinga yang diakibatkan tekanan udara saat berada di penerbangan atau tempat yang tinggi. Mengunyah permen karet pada waktu tersebut dapat membantu melepaskan udara dari telinga, sehingga dapat mengurangi rasa sakit telinga secara instan.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini