nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ramai #PahlawanZamanNow, Ini Sosok Pahlawan Zaman Now ala Netizen

Annisa Aprilia, Jurnalis · Jum'at 10 November 2017 15:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 11 10 196 1811874 ramai-pahlawanzamannow-ini-sosok-pahlawan-zaman-now-ala-netizen-iUzbF964aO.jpg Memeringati Hari Pahlawan 2017 (Foto:Ilustrasi/Ist)

PADA 72 tahun lalu, tepatnya 17 Agustus 1945 Bangsa Indonesia memproklamirkan kemerdekaannya dan menolak segala bentuk penjajahan. Menjadi bangsa yang merdeka tidak serta-merta membuat Indonesia bisa terhindar dari incaran negara lain yang ingin menguasai lagi.

Pasalnya, tiga bulan setelah kemerdekaannya Indonesia justru mengalami masa pertempuran besar dan terberat. Tepat pada 10 November 1945, terjadi sebuah pertempuran hebat di Surabaya, yang melibatkan masyarakat Surabaya dengan serdadu NICA yang digawangi Belanda.

BACA JUGA:

Foto Bareng Veteran, Ganjar Pranowo Ajak Masyarakat Terus Berjuang Menjadi Pahlawan bagi Negeri

Oleh karena hebatnya pertempuran yang terjadi di Surabaya dan menewaskan sebanyak 6000 nyawa arek-arek Suroboyo itulah, hingga kini diperingati sebagai Hari Pahlawan. Untuk memperingati pertempuran dan perjuangan para pahlawan, masyarakat pun memiliki cara yang berbeda disetiap zamannya.

Pada peringatan Hari Pahlawan tahun ini, netizen memiliki cara tersendiri untuk memaknainya. Istilah 'Zaman Now' yang tengah membooming misalnya, tidak luput dari kreativitas netizen untuk mengenang jasa pahlawan yang telah rela kehilangan nyawanya demi melindungi kemerdekaan bangsa dimasa lalu.

Di media sosial, kini tengah ramai unggahan yang memakai tagar (#) Pahlawan Zaman Now dalam setiap status, foto dan konten yang dibagikan ke dunia maya. Dalam media sosial Twitter misalnya, banyak netizen yang menuliskan harapan-harapannya untuk Indonesia, selain itu mereka juga menggambarkan sosok pahlawan zaman now yang mereka ingini, serta saling mengingatkan tentang perjuangan para pahlawan melalui tulisan-tulisan singkat.

Dipantau Okezone, Jumat (10/11/2017), salah seorang netizen dengan akun bernama @Eko_Rio menuliskan #PahlawanZamanNow Perjuangan kita belum berakhir!!!. Tidak hanya Eko, Dahsyat sebagai salah satu tayangan program musik MNC Group juga turut mengingatkan warganet akan peringatan Hari Pahlawan dengan menuliskan "Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa pahlawannya. Negaraku. #PahlawanZamanNow.

BACA JUGA;

Peringati Hari Pahlawan, Prisia Nasution: Pejuang Sejati Tidak Diukur dari Kekuatan Ototnya, tapi dari Kekuatan Hatinya

 

Sementara netizen lain mengingatkan pengguna media sosial lainnya dengan jasa para pahlawan yang harus selalu dikenang, akun @ar_quarantine justru memiliki sosok pahlawan sepanjang masa menurutnya, dalam unggahannya netizen tersebut menyisipkan foto yang menggambarkan seorang siswa sedang menyium punggung tangan gurunya. Ya, para guru belakangan ini tengah menjadi sorotan media karena melakukan tindakan kekerasan yang tercela ke anak muridnya. Dengan adanya unggahan yang dibagikan oleh netizen tersebut, mengingatkan kita kalau masih ada sosok guru yang patut diteladani.

Hal yang unik diunggah oleh Tarjo Bintoro. Dalam postingan di akun twitter pribadinya tersebut Tarjo mengunggah sebuah foto yang menunjukkan Presiden Joko Widodo sedang berpidato dengan latar belakang lukisan presiden pertama Indonesia, yaitu Ir. Soekarno, bersamaan dengan unggahan itu, Tarjo menuliskan sebuah kalimat yang berbunyi, "Pahlawan jaman old dan #PahlawanZamanNow terimakasih bung besarku Soekarno, kan kami jaga selalu buah pemikiranmu yang bernama PANCASILA," begitu tulisnya.

Bagi kamu, seperti apakah sosok pahlawan zaman now menurutmu?

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini