nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

OKEZONE WEEK-END: Ainun Habibie, Sosok Inspiratif dengan Dedikasi Tinggi dalam Bidang Sosial-Kemanusiaan

Annisa Aprilia, Jurnalis · Minggu 12 November 2017 08:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 11 10 196 1812079 okezone-week-end-ainun-habibie-sosok-inspiratif-dengan-dedikasi-tinggi-dalam-bidang-sosial-kemanusiaan-08YAA422qu.jpg

MASIH ingatkah Anda dengan film Habibie & Ainun? Salah satu adegannya memiliki quote yang mendalam dari seorang Hasri Ainun Habibie yang berbunyi, "Aku tidak bisa berjanji untuk menjadi istri yang baik, tapi aku berjanji untuk selalu mendampingi kamu," Hasri Ainun Habibie

Sepenggal kalimat di atas memang menjadi inspirasi bagi wanita Indonesia. Kesetiaan dan cintanya pada Presiden Republik Indonesia ke-3, BJ Habibie, membuat kisah cinta keduanya dikagumi dan mengesankan banyak insan. 

Hasri Ainun Habibie memang telah tiada namun kontribusi dan kisah cintanya dengan Habibie, membuat nama Ainun selalu hidup. Wanita yang memiliki nama asli Hasri Ainun Besari tersebut merupakan sosok wanita Indonesia yang sangat penyayang, dan peduli di bidang sosial-kemanusiaan. 

Ibu dari dua orang putra tersebut juga sosok yang menaruh kepedulian cukup besar pada beberapa yayasan kemanusiaan, seperti Yayasan Beasiswa Orbit, dan Bank Mata, yang menyantuni para tunanetra. Berkat rasa pedulinya yang besar, Ainun diberi penghargaan tertinggi berupa bintang mahaputra. Penghargaan itu diberikan oleh pemerintah pada tokoh yang berperan besar pada negara. 

Beberapa penghargaan bintang mahaputra yang pernah Ainun terima, diantaranya yaitu Bintang Mahaputra Adipurna, Mahaputra Utama pada 12 Agustus 1982, Bintang Mahaputra Adipradana pada 6 Agustus 1998. Oleh karena rasa peduli dan jasanya berkontribusi dalam bidang sosial-kemanusiaan itulah Ainun dimakamkan di Taman Makan Pahlawan, Kalibata, Jakarta. 

Ainun pernah menjadi Ibu Negara Indonesia ketika suaminya menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia ke-3. Semasa menjadi ibu negara, Ainun memiliki cukup banyak peran, ia pernah menjadi ketua Perkumpulan Penyantun Mata Tunanetra Indonesia (PPMTI), Wakil Ketua Dewan Pendiri Yayasan SDM IPTEK, Pendiri Yayasan Orbit yang cabangnya ada di seluruh Indonesia. 

Tidak hanya itu saja, wanita yang dilahirkan pada 11 Agustus 1937 yang terkenal dengan kisah haru-birunya bersama Habibie itu, juga amat menjalankan perannya sebagai seorang istri dan ibu bagi kedua orang putranya, yaitu Ilham Habibie, dan Thariq Kemal Habibie. Sebagai seorang istri sekaligus ibu negara, Ainun selalu mendampingi Habibie ketika menjabat Presiden Indonesia yang ketiga. 

Ainun menjadikan Habibie untuk tetap tenang dalam menghadapi konflik yang melanda Indonesia semasa itu, ia juga selalu mengingatkan Habibie untuk mempertimbangkan saat hendak mengambil keputusan. 

Sosok Ibu Negara yang pernah berprofesi sebagai dokter anak tersebut, pun merupakan wanita yang tegar. Ketika penyakit datang, Ainun tetap tegar dan tenang menghadapi musibah yang menerpanya, beberapa kali melakukan operasi dan beberapa kali kritis, Ainun pun akhirnya menghembuskan nafas terakhirnya pada 22 Mei 2010. 

 Foto: ig ullah_black

Berkat kepeduliannya yang besar, dedikasi yang tulus pada negara dan kisah cintanya bersama Habibie yang berhasil membuat setiap orang terkesan, hingga berlinang air mata, membuat banyak orang selalu ingin mengenangnya, hingga dibuatlah sebuah monumen bernama Monumen Cinta Sejati Habibie-Ainun di Pare-Pare, Sulawesi Selatan, tempat kelahiran Habibie. Selain dibangun sebuah monumen, kisahnya bersama Habibie, juga ditulis ke dalam buku dan difilmkan hingga ditayangkan ke luar negeri. 

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini