Image

OKEZONE WEEK-END: 5 Sosok Selebriti Tanah Air Keturunan Pahlawan Indonesia

Pradita Ananda, Jurnalis · Minggu 12 November 2017, 00:03 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 11 10 196 1812106 okezone-week-end-5-sosok-selebriti-tanah-air-keturunan-pahlawan-indonesia-VgwqMUXtMF.jpg Dian Sastro (Foto: Instagram)

BUAH jatuh tidak jauh dari pohonnya, siapa sih yang tidak familiar dengan peribahasa satu ini? Namun, rasanya peribahasa terkenal satu ini bisa dibilang tidak berlaku bagi lima sosok selebrita Tanah Air berikut ini.

Bagaimana tidak? Lahir sebagai salah satu keturunan pahlawan Indonesia, alih-alih berkecimpung di dunia politik sehingga bisa menjadi politikus seperti pendahulunya, para artis Indonesia satu ini ternyata lebih memilih berprofesi sebagai entertainer yang berkecimpung di dunia hiburan Tanah Air. Siapa saja artis-artis Indonesia yang ternyata masih satu garis keturunan dari para pahlawan Indonesia?

Maia Estianty

Tidak banyak yang mengetahui bahwa musisi sekaligus pengusaha cantik nan sukses satu ini adalah cicit dari sosok pahlawan ternama di Indonesia. Yup, siapa sangka Maia merupakan cicit langsung dari HOS (Haji Oemar Said) Tjokroaminoto. Sosok Tjokroaminoto inilah, yang menjadi sosok penting dibalik adanya Organisasi Sarekat Islam, yaitu organisasi resmi bumi putra pertama yang bahkan memiliki anggota hampir dua juta anggota saat itu.

Maia disebutkan hadir sebagai cicit dari HOS Tjokraminoto dari garis keturunan sang Ayah, di mana nenek Maia yakni Siti Oetari sekaligus Ibunda dari ayah kandung Maia, Haryono Sigit, adalah putri dari HOS Tjokroaminoto. Menariknya, Siti Oetari diketahui juga merupakan salah satu istri dari Presiden pertama RI, Soekarno.

Karina Salim 

Tentu kita familiar dengan sosok H. Agus Salim yang merupakan Menteri Luar Negeri di kabinet Presiden Soekarno, di periode 1946-1949. Selain sebagai Menlu, Agus Salim juga diketahui sebagai salah satu dari sembilan anggota BPUPKI ( Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia) untuk mempersiapkan UUD 1945.

Nah, Karina Salim, yakni salah satu aktris muda Indonesia, diketahui merupakan cucu dari H.Agus Salim. Menariknya, awalnya wanita yang juga balerina ini awalnya tidak tahu bahwa ia merupakan keturunan pahlawan. Sampai akhirnya, guru di sekolahnya lah yang menyadari bahwa Karina memiliki nama belakang yang sama dengan sosok pahlawan Agus Salim.

Dian Sastro

Sosok Cinta dalam film hits "Ada Apa Dengan Cinta" ini ternyata adalah salah satu cucu dari pahlawan, tepatnya tokoh pergerakan nasional, Profesor Soenario Sastrowardojo. Nah, Profesor Soenario ini adalah salah satu pengurus Perhimpunan Indonesia di Belanda, Indische Vereeniging di Belanda. Kakek dari Dian Sastro ini juga menjadi salah satu anggota Badan Pekerja Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP), sampai akhirnya juga menjabat menjadi Menteri Luar Negeri (Menlu) RI periode 1957-1959.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini