Image

OKEZONE WEEK-END: Sederet Pahlawan Indonesia yang Diabadikan Jadi Nama Jalan di Luar Negeri

Annisa Aprilia, Jurnalis · Minggu 12 November 2017, 19:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 11 10 406 1812162 okezone-week-end-sederet-pahlawan-indonesia-yang-diabadikan-jadi-nama-jalan-di-luar-negeri-nv1TKZSGlf.jpg

MENDENGAR nama pahlawan diabadikan sebagai nama jalan, mungkin sudah asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Namun, ternyata tidak hanya Indonesia saja yang menggunakan nama pahlawan yang berasal dari Indonesia sebagai nama jalan. Beberapa negara di dunia memilih nama pahlawan asli Indonesia sebagai nama jalannya. Lantas, negara mana dan siapa saja pahlawan yang diabadikan namanya jadi nama jalan? 

Dirangkum Okezone dari berbagai sumber, Jumat (10/11/2017), berikut pahlawan yang namanya diabadikan sebagai nama jalan dibeberapa negara. 

1. Rue Soekarno, Maroko

Nama jalan Rue Soekarno diresmikan pada 2 Mei 1960 di sebuah jalan di Maroko. Hal yang lebih khusus lagi, peresmian nama jalan yang ada di Ibu Kota Negara Maroko tersebut dilakukan sendiri oleh Presiden Indonesia yang pertama, yaitu Ir. Soekarno. Pemberian nama jalan yang menggunakan nama Bung Karno ini dilakukan sebagai penghargaan yang diberikan Raja Muhammad V pada Ir. Soekarno telah berjasa pada Maroko. 

2. Mohammed Hatta Straat, Belanda

Pahlawan yang namanya juga diabadikan sebagai nama jalan, yaitu Bung Hatta. Wakil Presiden Pertama Indonesia tersebut berada di Kota Harleem, Belanda. Nama Bung Hatta diabadikan sebagai nama jalan oleh Walikoya RH Claudius dan nama jalan itu masih digunakan hingga kini. 

BACA JUGA:

Foto Bareng Veteran, Ganjar Pranowo Ajak Masyarakat Terus Berjuang Menjadi Pahlawan bagi Negeri

Peringati Hari Pahlawan, Prisia Nasution: Pejuang Sejati Tidak Diukur dari Kekuatan Ototnya, tapi dari Kekuatan Hatinya

Nyeker' di Pelaminan, Kahiyang Kelelahan Salami 8.000 Tamu?

3. Sjahrir Straat, Belanda

Tidak hanya Bung Hatta saja yang namanya diabadikan di Negeri Kincir, tapi nama Sutan Sjahrir pun turut diukir jadi sebuah nama jalan. Pengabadian nama Sutan Sjahrir di Kota Leiden tidak lepas dari keterkenalannya sebagai politikus ulung, yang dekat dengan kalangan cendikiawan dan aktivis politik di kota tersebut. Dari pergaulannya yang luas hingga ke Negeri Belanda itu membuat nama Sutan Sjahrir diabadikan sebagai nama jalan. 

4. R. A. Kartini Straat, Belanda

R.A Kartini menjadi pahlawan wanita yang namanya juga tertulis sebagai nama jalan di Belanda. Akan tetapi, berbeda dengan pahlawan yang lainnya, nama R.A Kartini tidak hanya dijadikan satu nama jalan saja, tapi ada empat nama jalan yang mengabadikan namanya. Keempat nama jalan itu, diantaranya ialah R.A Kartini Straat di Kota Utrecth, Kartini Straat di Venlo, Raden Adjeng Kartini Straat di Amsterdam dan Kartini Straat di Haarlem. 

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini