nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

OKEZONE WEEK-END: Jelajahi Kota Pahlawan, 4 Lokasi Wisata Ini Jangan Sampai Terlewatkan untuk Disambangi

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Sabtu 11 November 2017 19:30 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 11 10 406 1812164 okezone-week-end-jelajahi-kota-pahlawan-4-lokasi-wisata-ini-jangan-sampai-terlewatkan-untuk-disambangi-AiwpUC2LTe.jpg Monumen Kapal Selam (Foto: Wikimapia)

MENYAMBANGI satu daerah tidak akan lengkap jika tidak mendatangi ikon kotanya. Termasuk saat menyambangi Surabaya, Jawa Timur. Di momen Hari Pahlawan, jika Anda tengah berada di Surabaya, ada beberapa destinasi yang wajib disambangi.

Dilansir dari berbagai sumber, Okezone merekomendasikan 4 lokasi wisata di Surabaya yang bisa disambangi. Selain menikmati suguhan lokasi wisatanya, Anda juga bisa sambil belajar sejarah.

Monumen Pahlawan

(Foto: Panduanwisata)

Saat menjejak kaki di Surabaya, lokasi pertama yang harus Anda sambangi jelas adalah Monumen Pahlawan. Monumen yang menjulang tinggi ini berlokasi di Jalan Pahlawan, Kel. Alun-alun Contong, Kec. Bubutan, Surabaya. Monumen ini menjadi kebanggaan masyarakat Surabaya karena mengingatkan perjuangan pahlawan atas perjuangannya merebut kemerdekaan. Tinggi monument ini 41,15 meter dengan bentuk paku terbalik.

Jembatan Merah

(Foto: Panduanwisata)

Jembatan merah merupakan saksi bisu perjuangan masyarakat Surabaya melawan colonial Belanda. Tempat ini juga jadi lokasi yang mencatat peristiwa luar biasa pada 10 November. Jembatan merah dijadikan tempat mengenang tewasnya seorang jendral setelah bentrok dengan para pemuda Surabaya yang kemudian dikenal sebagai Arek Suroboyo.

Museum Kapal Selam

(Foto: Wikimapia)

Di museum kapal selam ini terdapat sebuah kapal selam asli yang diletakkan di luar area museum. Museum maupun monument yang ada ini erat kaitannya dengan peristiwa KRI Pasopati 410 yang dahulu merupakan milik TNI sebagai kapal selam angkatan laut Republik Indonesia khususnya bagian wilayah timur. Tidak sulit menemukan lokasi museum ini, jika dari Stasiun Surabaya bahkan bisa ditempuh dengan berjalan kaki.

Monumen Bambu Runcing

(Indonesiakaya)

Bambu runcing merupakan simbol perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajah Belanda. Salah satu cara untuk mengenang perjuangan para pahlawan ini maka dibuatlah monument bambu runcing yang kini dijadikan destinasi wisata. Selain kumpulan bambu runcing, area monument ini juga dilengkapi dengan air mancur dan lampu taman yang membuatnya tampak cantik dan menarik.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini