Image

OKEZONE WEEK-END: 6 Tokoh Nasional Ini Tidak Dimakamkan di Taman Makam Pahlawan

Tiara Putri, Jurnalis · Minggu 12 November 2017, 09:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 11 10 406 1812201 okezone-week-end-6-tokoh-nasional-ini-tidak-dimakamkan-di-taman-makam-pahlawan-oYObKRJLm4.jpg

PERJUANGAN pahlawan untuk memerdekakan bangsa ini tidaklah mudah. Bahkan ribuan nyawa terpaksa melayang karena gugur di medan perang. Maka dari itu, bersyukurlah kita yang saat ini bisa menikmati kemerdekaan. Tapi tetap saja, sebagai generasi penerus, kita harus tetap mempertahankan kemerdekaan dan mengenang jasa para pahlawan.

Mengenang jasa para pahlawan bisa dilakukan dengan berkunjung ke tempat-tempat bersejarah. Salah satunya adalah taman makam pahlawan atau yang biasa disingkat. TMP tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Biasanya TMP tersebut akan ramai di momen tertentu. Semisal peringatan Hari Pahlawan yang baru saja berlangsung. Ya, tanggal 10 November selalu diperingati sebagai Hari Pahlawan.

Sekadar informasi, TMP berisi orang-orang yang berjasa terhadap negara. Meski begitu, ada beberapa tokoh nasional yang sudah berkontribusi untuk negara tidak dimakamkan di sana. Ada yang meminta untuk dimakamkan di tempat lain, tapi ada pula yang berdasarkan keputusan keluarga. Berikut beberapa tokoh nasional yang dimakamkan di luar TMP;

KH. Hasyim Asy’ari

Kakek dari almarhum Gus Dur ini merupakan tokoh yang bersejarah di Indonesia khususnya mereka yang beragama Islam. KH Hasyim Asy’ari adalah salah satu tokoh pendiri Nadhatul Ulama (NU). Beliau meninggal pada 25 Juli 1947 dan dimakamkan di Pemakaman Tebuireng, Jombang. Lokasi tersebut adalah berdekatan dengan pesantren yang ia dirikan.

KH. Wahid Hasyim

Anak dari KH Hasyim Asy’ari ini juga merupakan tokoh nasional yang terkenal. Hampir sama dengan kisah ayahnya, KH Wahid Hasyim terkenal karena kegigihannya mendirikan pesantren pertama di Jombang. Beliau meninggal dalam sebuah kecelakaan lalu lintas dan dimakamkan di tempat yang sama seperti ayahnya yaitu Pemakaman Tebuireng, Jombang.

Soekarno

Pahlawan nasional yang juga dijuluki sebagai bapak proklamator ini meninggal pada 21 Juni 1970 dalam usia 69 tahun. Meskipun kontribusinya terhadap kemerdekaan Indonesia sangat besar, Soekarno tidak dimakamkan di TMP. Dirinya dimakamkan di sebuah tempat di Blitar yang kini terkenal sebagai Makam Soekarno.

Mohammad Hatta

Sama seperti Soekarno, Mohammad Hatta juga dijuluki sebagai bapak proklamator. Beliau meninggal pada 14 Maret 1980. Sebelum meninggal, ia sempat menulis kepada keluarganya untuk tidak dimakamkan di TMP. Akhirnya pihak keluarga memutuskan untuk memakamkan Bung Hatta di Pemakaman Umum Tanah Kusir.

Soeharto

Presiden kedua Republik Indonesia ini meninggal pada 27 Januari 2008. Soeharto dimakamkan di pemakaman keluarga. Tepatnya di Astana Giribangun, Karang Anyar, Jawa Tengah.

KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur)

Presiden keempat Republik Indonesia termasuk tokoh nasional yang tidak dimakamkan di TMP. KH. Abdurrahman Wahid atau yang akrab dipanggil Gus Dur ini meninggal pada 31 Desember 2009. Sama seperti ayah dan kakeknya, Gus Dur dimakamkan di Pemakaman Tebuireng, Jombang.

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini