nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jangan Gunakan High Heels Terlalu Lama, Sebab Bisa Bikin Jari Berubah Bentuk!

Tiara Putri, Jurnalis · Jum'at 10 November 2017 16:02 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 11 10 481 1811908 jangan-gunakan-high-heels-terlalu-lama-sebab-bisa-bikin-jari-berubah-bentuk-IME9OKRhsL.jpg High Heels (Foto: Elle)

KEBANYAKAN perempuan selalu memerhatikan penampilannya. Terkadang ada beberapa benda yang digunakan oleh perempuan untuk membuatnya tampil cantik. Tapi di sisi lain, benda itu membuat mereka harus sedikit berkorban.

Sebut saja penggunaan sepatu hak tinggi agar membuat kaki tampak jenjang. Pemakaian secara berlebih seperti hak terlalu tinggi dan digunakan dalam jangka waktu lama bisa membuat kaki terasa pegal dan nyeri.

BACA JUGA:

Foto Bareng Veteran, Ganjar Pranowo Ajak Masyarakat Terus Berjuang Menjadi Pahlawan bagi Negeri

Peringati Hari Pahlawan, Prisia Nasution: Pejuang Sejati Tidak Diukur dari Kekuatan Ototnya, tapi dari Kekuatan Hatinya

Namun sayangnya, masalah yang terjadi tak hanya sebatas itu saja. Semakin tinggi tumit, semakin besar masalah kesehatan yang mungkin terjadi. Sebab penggunaan sepatu hak yang terlalu tinggi dapat menekan kaki bagian depan. Sekadar informasi, hak setinggi 5 cm menekan sekira 52%, sedangkan hak setinggi 6 cm menekan hingga 79%.

Tekanan berlebih pada kaki bagian depan menyebabkan kelainan bentuk jari kaki seperti hammer toe dan bunions, kapalan, serta penebalan saraf di antara jari kaki yang bisa menyebabkan rasa sakit dan mati rasa. Menurut seorang fisioterapis, Jan Vickery penggunaan sepatu hak tinggi setiap hari membuat tendon Achilles di bagian belakang pergelangan kaki berubah menjadi ketat, menebal, dan lebih pendek.

Saat perempuan mengenakan sepatu hak tinggi, berat badan cenderung terdorong ke depan sehingga dirinya perlu berusaha lebih keras agar tidak terguling. Selain itu dorongan ini memberi tekanan berlebih pada lutut dan bahkan mengubah kelengkungan alami punggung. Akibatnya, akan timbul sakit lutut dan punggung.

"Sepatu hak tinggi bisa menjadi aksesori fashion yang hebat. Sayangnya dari sudut pandang kaki, memakai sepatu hak tinggi memang bukan ide bagus. Sendi kaki bisa rusak hanya dengan memakai sepatu hak tinggi. Selain itu dapat menyebabkan kelainan bentuk dan beberapa bentuk artritis," kata Jan seperti yang dikutip dari Derby Telegraph, Jumat (10/11/2017).

Apabila perempuan tetap ingin menggunakan sepatu hak tinggi, ada baiknya benda itu hanya digunakan pada acara-acara khusus. Sedangkan untuk penggunaan sehari-hari, gunakanlah sepatu dengan tinggi hak 3 cm saja. Sementara itu, Jan merekomendasikan cara tersendiri agar kaki tetap aman saat menggunakan sepatu hak tinggi.

BACA JUGA:

Nyeker' di Pelaminan, Kahiyang Kelelahan Salami 8.000 Tamu?

“Gunakan sepatu itu sesingkat mungkin agar tumit tidak berlama-lama terangkat. Selain itu, bawalah sepatu datar saat menggunakannya. Jadi bila terasa mulai tidak nyaman, bisa langsung diganti. Hindari pula pemakaian saat harus berjalan jauh atau sedang duduk,” pungkas Jan.

(dno)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini