nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Moms, Ini Cara Alami Membuat Produksi ASI Melimpah

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Jum'at 10 November 2017 16:12 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 11 10 481 1811938 moms-ini-cara-alami-membuat-produksi-asi-melimpah-A0h5ZrXOCy.jpg Ilustrasi (Foto: Momjunction)

MEMBERI ASI (Air Susu Ibu) eksklusif kepada buah hati selama 6 bulan memiliki banyak manfaat. Selain itu, hendaknya bunda memberikan ASI selama dua tahun kepada si kecil.

Karena itu, sebaiknya asupan ASI tetap bisa diterima si kecil selama waktu tersebut. Lalu bagaimana jika ASI bunda tidak lancar? Ada beberapa cara alami yang bisa meningkatkan produksi ASI agar melimpah. Simak ulasannya dilansir dari Bellybelly, Jumat (10/11/2017):

Susui sesering mungkin

Berikan asupan ASI kapan dia ingin. Anda bisa mengetahuinya saat dia mulai merasa gelisah. Cegah bayi menangis dengan menyusuinya meski sebelum dia merengek. Tawarkan ASI meski Anda tidak yakin apakah dia ingin menyusu atau tidak. Karena semakin sering Anda menyusui, maka semakin banyak ASI yang Anda produksi..

Hindari memberikan dot

Hindari memberikan dot pada bayi jika Anda ingin memproduksi lebih banyak ASI. Ingat, semakin jarang bayi Anda menyusu dari puting Anda, maka semakin sedikit stimulasi yang diterima untuk memproduksi ASI. Jadi hindari menggunakan dot saat memberikan ASI jika tidak dalam keadaan mendesak. Sehingga produksi ASI Anda tetap banyak.

Beri ASI sesuai keinginan bayi, bukan jam

Hal yang penting dalam menyusui bayi adalah berikan kapanpun dia inginkan, bukan sesuai dengan jam. Jangan menunda-nunda memberikan ASI hanya karena Anda melihat jam belum menunjukkan waktu yang telah Anda tentukan sendiri. Percaya pada bayi, jika mereka memintanya, itu artinya mereka memang membutuhkannya.

Hindari susu formula

Semakin sering Anda memberinya susu formula, maka semakin berkurang produksi ASI Anda. Ini karena si bayi akan lebih jarang menyusu langsung dari Anda, yang sebenarnya sangat berguna untuk stimulasi produksi ASI. Selain itu, jika Anda terlalu sering memberikan susu formula, maka bukan tak mungkin lambat laun dia akan menolak ASI dari Anda.

Konsumsi makanan sehat

Untuk mendapatkan ASI yang melimpah, makanan juga berperan penting. Pastikan Anda mengkonsumsi makanan sehat yang bernutrisi dan bisa meningkatkan produksi ASI. Pilih makanan yang bernutrisi seperti alpukat, telur, salmon, kacang-kacangan dan biji-bijian.

Minum banyak air putih

Jangan lupa untuk mengkonsumsi banyak air putih selama dalam masa menyusui. Menyusui membuat Anda gampang haus, sehingga tubuh harus tetap terhidrasi agar Anda bertenaga. Ketika Anda kekurangan cairan tubuh, maka energi dan konsentrasi akan berkurang.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini